Wow.. Padi Setinggi 2 Meter Ditanam Warga Blitar

Wow.. Padi Setinggi 2 Meter Ditanam Warga Blitar

Blitar – Wow… padi setinggi dua meter ditanam warga Blitar. Jika tinggi batang padi pada umumnya sekitar 70 cm, namun padi jenis baru ini tinggi batangnya bisa mencapai dua meter.

Padi varietas baru yang diberi nama PIM 1 ini, juga diklaim lebih banyak bulir padinya dan lebih tahan serangan hama.

Adalah petani Dusun Bebekan, Desa Combong, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, yang menanam padi itu. Namanya Mohammad Diaudin Aridowi (24). Udin, sapaan pemuda lajang ini mengaku mendapat bibit padi dari temannya seorang PPL. Bibit padi itu dibeli seharga Rp 25 ribu/kg.

“Saya tanamnya awal Januari lalu, kata temen saya masa tanam padi jenis ini memang lebih lama seminggu daripada padi biasanya. Tapi produksinya lebih banyak dan lebih tahan hama,” kata Udin ditemui di tepi sawahnya Senin (11/3/2018).

Jika padi jenis biasa masa tanamnya selama maksimal 105 hari. Namun padi PIM 1 ini baru bisa dipanen setelah masa tanam selama 120 hari. Begitu juga dengan kapasitas produksi yang diklaim empat kali lipat dari padi biasa.

“Padi PIM1 ini dalam satu batang bisa berisi 800 sampai 900 bulir padi. Kalau padi umumnya, satu batang hanya berisi 125 sampai 200 bulir padi,” jelasnya.

Pantauan detikcom di sawah sepetak yang ditanami padi PIM 1, batang pohon padi jenis ini terlihat lebih besar dan kokoh. Begitu juga buliran padinya lebih rapat, padat dan berwarna cemerlang.

Dari jauh, tanaman padi ini lebih mirip jagung. Selain tingginya sama dengan tinggi pohon jagung, batangnya yang besar, bisa rimbun menutup tubuh Udin yang tingginya 175 cm.

Tanaman padi yang ditanam Udin akan panen pekan depan. Selama ini Udin mengaku tidak kesulitan merawat tanaman padinya. Selain pupuk kimia, ternyata padi jenis ini lebih cocok diberi pupuk kandang.

“Biaya pemeliharaan juga lebih sedikit, karena padi ini utamanya memakai pupuk dari kotoran sapi,” ungkapnya.

Meski padi ini baru ditanam pertama kali oleh Udin, namun perkembangannya terlihat menggembirakan. Udin berharap panennya bisa berhasil, sehingga petani Blitar yang lainnya mau meniru menanam padi jenis sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =