Waspada, Daerah-daerah Ini akan Alami Kekeringan Ekstrem

Petani membajak sawahnya yang mengalami kekeringan di Persawahan Samata Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (12/9).

Petani membajak sawahnya yang mengalami kekeringan di Persawahan Samata Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (12/9).

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daerah-daerah yang akan mengalami hari tanpa hujan (HTH) dalam siklus pendek, panjang, sangat panjang, hingga kekeringan ekstrem.

Kepala Bagian Humas BMKG Indonesia Hary Djatmiko mengutip berdasarkan monitoring update cuaca per 10 hari (dasarian) dan data terbaru tanggal 10 Juli 2018 kemarin, periode HTH yang sangat pendek selama satu hingga lima hari di Sumatra terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, dan Bangka Belitung.

Kemudian HTH pendek selama enam hingga 10 hari diantaranya terjadi di Aceh, Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat. Hary menambahkan, HTH sangat panjang selama 31-60 hari terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

“Kemudian kekeringan ekstrem lebih dari 60 hari terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung,” ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (13/7).

Sementara itu, HTH sangat panjang di Jawa terjadi di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Adapun daerah di Jawa yang mengalami kekeringan ekstrem diantaranya DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Kemudian daerah di Bali dan Nusa Tenggara diprediksi mengalami HTH dalam waktu sangat panjang 21-60 hari hingga kekeringan ekstrem yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Kemudian monitoring HTH di Kalimantan yaitu daerah-daerah yang mengalami HTH dalam jangka waktu sangat panjang 21-60 hari yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Sementara daerah yang mengalami kekeringan ekstrem diantaranya Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kemudian daerah-daerah di Sulawesi yang terpantau akan mengalami HTH sangat pendek, pendek, panjang, sangat panjang, hingga kekeringan ekstrem yaitu di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

“Selain itu daerah di Maluku dan Papua yang akan mengalami HTH pendek hingga kekeringan ekstrem di Maluku Utara, Maluku, Papua, Papua Barat,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 5