Wakapolri Ancam Tahan Pelapor Kaesang

Wakapolri Ancam Tahan Pelapor Kaesang

Dimas Setiawan ;

Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Syafruddin menegaskan akan menahan pelapor Kaesang Pangarep, Muhamad Hidayat Simanjutak. Langkah ini buntut dari pernyataan Hidayat yang menyebut Syafruddin tidak profesional dalam menangani laporannya di Polresta Bekasi, Jawa Barat.  Jenderal bintang tiga itu mengatakan, penutupan kasus ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Kaesang bukan tanpa alasan. Dia menyebut kasus yang dilaporkan Hidayat itu tidak memenuhi unsur pidana.

Mantan Kalemdikpol ini berharap publik tidak terpengaruh dengan pernyataan Hidayat. Apalagi Hidayat berencana melaporkan dirinya ke Komisi Kepolisian Nasional.  Hidayat memang tengah mempertimbangkan akan melaporkan Syafruddin ke Dewan Kehormatan Perwira dan Kompolnas. Keinginan tersebut menyusul keputusan Syafruddin untuk tidak menindaklanjuti laporan terkait Kaesang. Hidayat menyebut keputusan Wakapolri menghentikan kasus Kaesang sebagai keputusan yang tidak profesional. Alasannya, Syafruddin menilai laporan dirinya hanya mengada-ada.

Hidayat menuding polisi hanya mencari alasan untuk menutup laporan dugaan kebencian dan penodaan agama yang dilakukan Kaesang. Saat ini polisi tidak meneruskan laporan Hidayat ke tahap penyelidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1