Venue Asian Games 2018 di Palembang Hampir Rampung

Venue Asian Games 2018 di Palembang Hampir RampungPembangunan dan renovasi venue Asian Games 2018 di daerah Palembang hampir rampung. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Pembangunan dan renovasi venue Asian Games 2018 di wilayah Palembang, Sumatera Selatan, hampir selesai.

Pantauan CNNIndonesia.com di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, semua bangunan venue sudah selesai. Hanya ada beberapa renovasi kecil yang masih dikerjakan di beberapa titik, seperti di venue menembak yang masih dalam penyelesaian akhir bagian luar sambil menunggu masuknya peralatan pertandingan yang saat ini sudah tersedia.

Selain itu, di venue dayung juga masih dikerjakan infrastruktur jalan di sekitar lokasi. Tribune penonton yang bisa menampung sekitar tiga ribu orang juga sudah selesai.

Air di Danau Jakabaring juga masih terus dipantau dan dibersihkan dari rumput yang saat ini masih terlihat berantakan.

Sebanyak 10 cabang olahraga Asian Games 2018 akan digelar di Palembang, Sumatra Selatan.
Sebanyak 10 cabang olahraga Asian Games 2018 akan digelar di Palembang, Sumatra Selatan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

Pihak pengelola JSC akan lebih fokus pada PH atau tingkat keasaman air di Danau Jakabaring sebulan jelang Asian Games. Pemantauan ini berkaitan dengan kesehatan kulit para atlet dari 45 negara yang nantinya berlomba.

“Kami masih terus melakukan pembersihan danau secara berkala. Kalau sampah dari masyarakat yang datang sudah tidak ada karena kami terus memberikan informasi dan pengertian bahwa ini akan jadi venue untuk Asian Games nanti,” kata Afriandi Gunawan, Staf Operasional Jakabaring Sport City (JSC), Jumat (4/5).

Jelang 105 hari dimulainya Asian Games, penjual dan masyarakat umum masih diperbolehkan masuk ke area JSC. Namun, 1,5 bulan jelang Asian Games JSC disebut sudah harus steril dari pedagang.

“Kalau untuk masyarakat umum kami belum tahu arahannya seperti apa dari INASGOC. Apa sebulan sebelum Asian Games juga sudah harus steril atau tidak, kami masih tunggu informasinya,” ucap Afriandi.

Tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang digelar di Palembang.
Tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang digelar di Palembang. (Safir Makki)

Dari 40 cabang olahraga (cabor) yang dimainkan di Asian Games 2018, sepuluh di antaranya digelar di Palembang, yakni sepak bola putri, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, dan panjat tebing. Semua venue dipusatkan di JSC kecuali sepak bola putri yang menggunakan venue Stadion Bumi Sriwijaya.

Selain venue pertandingan, penambahan lima bangunan rusunawa dan rusunami untuk perkampungan atlet juga sudah selesai dilakukan yang saat ini sedang dalam proses pemasangan lift.

Sebelumnya, di Jakabaring sudah memiliki tiga bangunan yang digunakan saat menjadi tuan rumah SEA Games 2011 lalu. Total, perkampungan atlet di JSC bisa menampung sekitar tiga ribu atlet nantinya. (sry/jun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 6