Uji Emisi, DLH Kota Padang Targetkan 1.200 Kendaraan

PADANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang melakukan uji emisi gas buang kendaraan berbahan bakar bensin dan solar, Kamis (12/4). Memasang target 1200 unit kendaraan bermotor, pengujian dilaksanakan selama dua hari di dua tempat berbeda.

Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Alwis menjadi penguji pertama dan mobil yang diuji adalah kendaraan dinasnya sendiri, BA 1 A. Pengujian berlanjut kepada beberapa mobil dinas di lingkungan Pemko Padang.

Dua posko pengujian emisi kendaraan bermotor di Kota Padang ditempatkan di Jalan S Parman depan Taman Makam Pahlawan, Lolong serta di pelataran parkir Kantor Cabang Pembantu Bank Nagari Jalan By Pass.

“Pengujian emisi diperlukan guna mengetahui tingkat emisi gas buang kendaraan berbahan bakar bensin dan solar di jalan raya. Dari hasil uji dapat dijadikan bahan evaluasi dan kebijakan terkait pengendalian pencemaran udara di Kota Padang,” kata Alwis kepada wartawan disela pengujian.

Menurutnya, pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor berkaitan pula dengan penilaian Adipura dan penghargaan Kota Langit Biru. Kedua penghargaan bidang lingkungan hidup tersebut sudah diraih Kota Padang, selanjutnya berusaha mempertahan dan meningkatkan dari capaian sebelumnya.

“Namun yang lebih penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan sekaligus memelihara kendaraan lebih maksimal agar dapat meminimalisir polusi udara yang ditimbulkannya,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala DLH Kota Padang, Al Amin mengatakan, target pengujian emisi gas buang kendaraan ini adalah 1.200 unit, baik kendaraan pribadi maupun mobil dinas.

“Target adalah 1.200 unit kendaraan bermotor roda empat milik dinas dan pribadi. Dilakukan dua hari di dua tempat,” sebutnya.

Kegiatan uji emisi kendaaran ini juga melibatkan partisipasi dari Kodim dan Polresta Padang dan Dinas Perhubungan. Selain itu juga ada pihak ketiga yaitu dealer mobil di Kota Padang diantaranya PT Suka Fajar, PT Intercom Mobilindo dan PT Auto 2000. (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 66 = 69