UGM dan NCU Menangkan Hibah Penelitian Bersama dari Taiwan

Kampus UGM.

Kampus UGM.

“Kerja sama berupa pertukaran mahasiswa dan staf, dan sharing courses…”

 

 

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN — Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Departemen of Life Science National Central University (NCU) berhasil memenangkan hibah penelitian dari Kementerian Pendidikan Taiwan. Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Daryono mengatakan, dana hibah riset yang diberikan itu berhasil diperoleh dengan mengajukan penelitian berjudul Genetic and Functional Characterization of Twi Divergent Prolyl-tRNA Synthetase Genes in Bacillys thuringiensis.

Proposal penelitian diajukan Kepala Departemen Life Science National Central University, Chien Chia Wang, Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiadi Daryono, dan dosen Fakultas Biologi UGM, Arief Muammar, sebagai kolaborator. Budi menjelaskan, penelitian akan lebih fokus dijalankan di Wangs Lab milik NCU di Taiwan. Pada pertengahan tahun, peneliti Fakultas Biologi UGM diundang ke NCU guna menindaklanjuti kerja sama yang telah dilakukan kedua institusi.

Selain itu, akan dilakukan diseminasi hasil penelitian yang dilakukannya kepada sivitas akademika NCU. Menurut Budi, ini merupakan hasil dari kunjungan yang dilakukan NCU Taiwan beberapa waktu laluy ke UGM.

“Kolaborasi ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan yang dilakukan Prof Wang ke Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada pada Januari lalu,” kata Budi, Selasa (13/3).

Kunjungan itu sendiri merupakan upaya penjajakan kerja sama dalam bidang akademik dan penelitian. Kerja sama dalam bidang akademik direncanakan berupa kegiatan pertukaran mahasiswa dan staf, dan tentu sharing courses.

Sedangkan, dalam bidang penelitian, kerja sama nantinya akan dlakukan dalam bentuk joint proposal. Ada pula yang dilakukan melalui research collaboration dan tentu saja publikasi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 27 = 29