Tiga Bos First Travel Hadapi Tuntutan Jaksa Hari Ini

Tiga Bos First Travel Hadapi Tuntutan Jaksa Hari Ini
Dari pasal berlapis yang didakwakan jaksa penuntut umum, kemungkinan besar tuntutan ketiga petinggi First Travel bisa mencapai di atas lima tahun. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

 

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Sidang tiga terdakwa kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang biro perjalanan umrah First Travel hari ini kembali dilanjutkan di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat.

Agenda sidang adalah mendengarkan pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum buat trio petinggi First Travel, Direktur Utama Andika Surachman, Direktur Anniesa Hasibuan, dan Direktur Keuangan Siti Nuraida alias Kiki Hasibuan.

Dari pantauan CNN Indonesia TV, Senin (7/5), ketiga terdakwa maupun jaksa penuntut umum belum hadir di Pengadilan Negeri Depok. Sidang tuntutan kabarnya bakal dimulai pukul 09.00 WIB. Suasana pengadilan pun masih lengang, dan belum terlihat tanda-tanda pengunjung yang biasanya memenuhii sidang First Travel, yang kebanyakan adalah para konsumen yang gagal berangkat umrah.

Pada sidang perdana 19 Februari 2018 lalu, jaksa mendakwa ketiganya melakukan penipuan, penggelapan dana, dan pencucian uang calon jemaah umrah. Jaksa mendakwa mereka melanggar Pasal 378 KUHP, 372 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 dan juncto pasal 64, serta Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kasus penipuan First Travel ini menimbulkan kerugian hingga Rp905,3 miliar. Uang sebanyak itu merupakan akumulasi dari dana yang disetorkan calon jemaah sebesar Rp14,3 juta per orang. Korban penipuan yang dicatat Jaksa dalam kasus ini mencapai 63.310 orang.

Sejumlah saksi sudah diperiksa dalam persidangan yang lalu. Di antaranya pesohor Syahrini dan Vicky Veranita Yudhasoka alias Vicky Shu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 49 = 57