Tidak Ada Respon dari Dinas Terkait, Satlantas Tanah Datar Tambal Jalan Berlobang

Tidak Ada Respon dari Dinas Terkait, Satlantas Tanah Datar Tambal Jalan Berlobang
Jajaran Satlantas Polres Tanah Datar dibawah pimpinan Kasat AKP Yulandi Rusadi melakukan penambalan lobang di jalan raya. FERI MAULANA

 

 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM – Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar melakukan penambalan jalan berlobang di sepanjang jalan raya di Kabupaten Tanah Datar.

Meski bukan tugas pokok Satlantas, hal itu tetap dilakukan. Karena selain mencegah kecelakaan, aksi itu juga karena belum adanya tindakan perbaikan yang dilakukan oleh dinas terkait.

“Ada 20 titik lobang berbahaya di sejumlah kecamatan di Tanah Datar yang dilakukan penimbunan dengan pengecoran. Sekitar sekitar 10 orang anggota Satlantas yang turun,” ujar Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP Yulandi Rusadi

Dari pantuan harianhaluan.com, petugas yang biasanya mengeluarkan surat tilang bagi pelanggar itu, mulai memakai cangkul untuk mengaduk semen dan pasir. dilakukan di sejumlah lobang mulai dari pusat Kota Batusangkar seperti di Simpang Asrama Nagari Sijangek, Jalan Provinsi di Kecamatan Sungai Tarab, Kecamatan Rambatan, Tanjung Emas dan Kecamatan Lintau. Satlantas menggunakan satu unit mobil Patroli untuk mengangkut pasir dan semen serta peralatan lainnya.

“Ini kita laksanakan atas instruksi pak Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas kepada saya, karena dari data yang kami punya dari sekian titik lobang yang ada ini sering menyebabkan terjadinya kecelakaan terhadap pengendara roda dua. Terdapat tiga faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu alam, jalan dan manusia, ini merupakan salah satu penyebabnya,”terangnya.

Dikatakan, dalam antisipasi terjadinya kecelakaan terhadap pengendara tersebut, sebelumnya Polres Tanah Datar sekitar dua minggu lalu telah menyurati Dinas PUPR Tanah Datar untuk melakukan penambalan di lobang-lobang yang sering terjadinya kecelakaan itu.

Namun, lanjut Yulandi, belum ada respon dari dinas terkait dan akhirnya Polres berinisiatif untuk langsung menambalnya.

“Ini juga merupakan salah satu upaya untuk kenyamanan dan keselamatan terhadap pengguna jalan agar dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan pengguna jalan,” sebut Kasat.

Kondisi jalan berlobang tersebut menurut salah seorang warga Sijangek Kecamatan Sungai Tarab, Akhiruddin telah berlangsung sekitar empat bulan lalu dan ia sering menyaksikan terjadinya kecelakaan kendaraan roda dua.

“Yang sering pemotor terjatuh yaitu pada malam hari, karena lampu penerang jalan tidak ada sehingga lobang tidak jelas, baru-baru ini ada juga yang terluka parah dan dilarikan oleh Kepala Kesbangpol Pak Irwan ke RSUD Ali Hanafiah.

ini dulu pernah ditimbun oleh dinas PUPR dengan koral dan pasir. Namun, karena tidak pakai semen, timbunan itu tidak bertahan lama,”ungkanya. (h/fma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3