Sungai Batang Kapau Pasaman Meluap, Warga Panik

Sungai Batang Kapau Pasaman Meluap, Warga Panik
Sungai Batang Kapau Pasaman meluap hingga air membanjiri jalan, Sabtu (4/8). (Foto: Dok. Istimewa)

 

 

Minangkabaunews  , PASAMAN – Warga Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) panik akibat Air bercampur lumpur dari Sungai Batang Kapau meluap ke jalan, Sabtu Sore (04/08/2018).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sungai meluap sekira pukul 17.00 WIB saat hujan lebat dan luapan air membawa puing-puing kayu besar mengakibatkan aliran air yang tepat di jembatan depan masjid Panapa jadi tersumbat sehingga air sampai ke jalan.

Kepala BPBD Pasaman Masfet Kenedi menyebutkan, untuk membantu warga di lokasi banjir, BPBD sudah menurunkan personil.

“Personil BPBD sudah melakukan pembersihan, namun air masih meluap ke tengah jalan. Sehingga membuat kemacetan. Namun warga tetap diminta waspada, sebab sungai cukup besar dan deras,” katanya

“Hingga saat ini belum ada rumah warga yang terendam. Hanya saja air meluap ke jalan,” sebutnya.

Banjir juga menghantam lokasi persawahan warga yang ada di bagian hilir. Namun belum diketahui berapa luas sawah warga yang terkena banjir.

BPBD Pasaman hingga saat ini menjelaskan, belasan personel siap siaga jika hal buruk terjadi akibat luapan sungai Batang Kapau. Bahkan beberapa personel juga telah menghimbau warga secara langsung untuk mempersiapkan diri jika luapan sungai terus terjadi. (Verdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =