Sumbar pastikan diri siap jadi tuan rumah acara-acara nasional

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan daerah itu siap menjadi tuan rumah bagi acara tingkat nasional maupun internasional karena memiliki fasilitas penunjang yang mencukupi serta punya nilai tambah di bidang pariwisata dan kuliner.

“Kami sambut dengan tangan terbuka dan segala keramahtamahan,” kata dia dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait makin banyaknya acara tingkat nasional dan internasional yang digelar di provinsi itu, terakhir Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar 1-7 Juli 2018.

Secara infrastruktur, Sumbar memiliki sejumlah hotel berstandar internasional dengan ketersediaan kamar lebih dari mencukupi serta ruang pertemuan yang bisa menampung ribuan peserta.

Penyelenggara juga bisa memilih beberapa alternatif tempat untuk menggelar acara dengan mempertimbangkan panorama laut atau pegunungan, terutama jika memiliki rencana untuk memberikan waktu pesiar bagi peserta di sela atau setelah acara.

Panorama laut tersuguh pada tujuh kabupaten dan kota yang terletak di pesisir pantai barat Sumatera dengan hotel berstandar Internasional terpusat di Kota Padang.

Berbagai pesona laut dan wisata pulau dengan eksotis makanan khas yang luar biasa bisa dinikmati jika memilih lokasi ini.

Sementara jika lebih menyukai pesona pegunungan, Bukittinggi tentu akan sangat memuaskan. Kota kecil yang terletak antara Gunung Marapi dan Gunung Singgalang memiliki pesona dataran tinggi yang tidak akan terlupakan selain memiliki beberapa hotel berstandar internasional juga.

Sejumlah destinasi wisata juga banyak terdapat di kota ini, diantaranya yang paling terkenal adalah Jam Gadang dan Lobang Jepang. Akses menuju destinasi wisata pada beberapa kabupaten dan kota berdekatan juga tersedia cukup baik.

“Sumbar juga memiliki beragam kuliner yang sudah diakui sangat lezat oleh dunia internasional seperti rendang, sate padang, atau nasi goreng. Semua bisa dinikmati siang maupun malam,” kata Irwan Prayitno.

Akses ke beberapa objek vital seperti bandara juga relatif dekat, apalagi dengan telah beroperasinya kereta api bandara Minangkabau Ekspres yang lebih memudahkan penumpang menuju pusat kota setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Pemprov Sumbar menurutnya juga telah menyediakan anggaran lebih untuk menjamu makan malam semua peserta acara nasional yang di gelar di provinsi itu dengan sejumlah sajian tari dan kesenian daerah.

Ia juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu untuk aktif menggaet acara di pusat agar dilaksanakan di Sumbar.

Makin banyaknya acara tingkat nasional dan internasional di Sumbar akan bisa mempromosikan daerah secara lebih nyata hingga pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan membantu perekonomian masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

92 − 90 =