Satu Korban Tewas, Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Pengendara

Satu Korban Tewas, Pohon Tumbang Timpa Rumah dan PengendaraIlustrasi

 

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dua hari diguyur hujan lebat disertai angin kencang, BPBD Kota Padang mencatat tujuh kejadian pohon tumbang di Kota Padang. Naasnya, kejadian pohon tumbang menyebabkan rusaknya dua rumah warga, dan merenggut nyawa salah seorang pengendara sepeda motor.

“Dua rumah yang ditimpa pohon tumbang, keduanya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Satu terjadi pukul delapan pagi, dan satu lagi pukul setangah sebelas. Keduanya hari Selasa. Korban yang kedua itu sudah mendapatkan bantuan,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, kepada Haluan, Rabu (11/7.

Sutan menyebutkan, Dinas Sosial Kota Padang telah memberikan bantuan berupa terpal, tikar, baju, dan makanan kepada para korban. Sedangkan tewasnya satu sengendara motor terjadi di Jalan Enggang Raya, Kelurahan Air Tawar Barat, Padang Utara. Korban sendiri merupakan seorang dokter yang bekerja di salah satu rumah sakit di Kota Padang.

“Untuk korban, berdasarkan data yang ada itu saja. Selebihnya pohon tumbang hanya mengganggu akses jalan. Tim sudah turun ke lapangan untuk membersihkannya,” katanya lagi.

Ia mengatakan, meski hujan dan angin mulai reda pada Rabu, ia tetap mengimbau warga Kota Padang tetap waspada mengingat prediksi cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah. “Harus tetap waspadakarena BMKG sudah memberikan peringatan bahwa dalam tiga hari ke depan masih akan terjadi angin kencang dan hujan,” katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan di jalan, untuk memperhatikan betul kondisi jalan yang akan ditempuh di kala hujan. Jika perjalanan tidak mungkin diteruskan, harap menepi dan mencari tempat yang aman dari pepohonan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang, Amasrul, mengatakan bahwa pihaknya telah turun memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya hancur karena pohon tumbang. “Bantuan yang kami beri berupa tikar, selimut, baju, dan makanan,” ujarnya. (h/mg-mal)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − = 49