Residivis Ini Diciduk Polres Sijunjung Saat Sedang Menukar Nopol Motor Curian

Residivis Ini Diciduk Polres Sijunjung Saat Sedang Menukar Nopol Motor Curian
Pelaku pencurian Berinisial “IS” (38) menggunakan singlet putih beserta barang bukti dua unit kendaraan diapit KBO Reskrim Iptu Rajulan dan petugas Polres Sijunjung sebelum diarahkan ke Penyidik Polsek Bukit Sundi Kabupaten Solok,Sabtu (5/5) di Mapolres Sijunjung.

 

 

 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN– Tak kapok dengan hukuman yang diberikan pengadilan selama empat tahun vonis penjara, IS (48) yang tercatat sebagai warga Lagan Jaya Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya kembali harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Kal ini ia terlibat aksi pencurian kendaraan roda empat di Jorong Koto Panjang Kenagarian Muaro Paneh kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok pada Sabtu (5/5).

Selang beberapa jam setelah melakukan aksi, pelaku dapat ditangkap di wilayah hukum Polres Sijunjung saat tengah menukar plat nomor (nopol) kendaraan hasil curiannya di dalam pasar Sei Lansek Kecamatan Kamang Baru.

Dari informasi yang diperoleh dari pihak kepolisian,  penangkapan tersebut bermula saat korban bernama Melawati (34) warga Jorong Koto Panjang Kenagarian Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, melaporkan kepada pihak kepolisian Sektor Bukti Sundi bahwa mobil pickup jenis mitsubishi colt SS warna putih dengan nopol BH 9853 kB miliknya sudah tidak berada di tempatnya semula parkir alias hilang pada, Sabtu (5/5) sekira pukul 04.30 WIB pagi.

Mendapatkan laporan tersebut, Kapolsek Bukit Sundi Iptu Defrianto beserta anggota reskrim polsek langsung melakukan pengejaran dan malakukan koordinasi dengan Jajaran Satreskrim Polres Sijunjung terhadap para pelaku yang diduga melarikan diri ke arah Kiliran Jao Kabupaten Sijunjung.

Mendapatkan informasi tersebut,  jajaran Satreskrim polres Sijunjung yang dipimpin langsung Kasatreskrim Polres Sijunjung Iptu Darmawan, S. IK dan Kbo Iptu Rajulan pun melakukan strategi divantu Polsek Kamang Baru untuk menangkap pelaku yang diduga berjumlah dua orang tersebut.

Saat melakukan pengejaran,  pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada dua orang laki laki yang dicurigai dan didapati masyarakat Sei Lansek sedang menukar plat nomor kendaraan.

Mendapatkan informasi tersebut anggota Satreskrim Polres Sijunjung pun langsung menuju lokasi yang dimaksud dan benar saja saat petugas kepolisian Sijunjung hendak menyergap pelaku

Salah seorang pelaku yang sudah dikantongi identitasnya tersebut langsung melarikan diri dan meninggalkan pelaku lainnnya berinisial “IS” yang sedang menukar plat nomor kendaraan hasil curian tersebut dan pelaku dapat ditangkap tanpa adanya perlawanan.

Sementara rekannya tersebut berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas.

Kapolres Sijunjung AKBP H. Imran Amir S.Ik,MH melalui Kasatreskrim Iptu Darmawan S. IK didampingi KBO reskrim iptu Rajulan dan Paur humas Iptu Ajo Nasrul membenarkan penangkapan salah seorang pelaku pencurian di Kabupaten Solok berinial “IS” tersebut di wialayah hukum Polres Sijunjung atau tepatnya di Sei Lansek Kecamatan Kamang Baru.

“Setelah kita mendapatkan laporan dari Polres Kabupaten Solok melalui Polsek Bukit Sundi, kita langsung bergerak dan berhasil menangkap salah seorang dari dua pelaku pencurian di Nagari Sei Lansek Kecamatan Kamang baru berkat bantuan dan informasi dari masyarakat sekitar, ” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (5/5) di mapolres Sijunjung.

Pihaknya menambahkan,  dari tangan pelaku “IS” yang merupakan residivis tersebut didapatkan barang bukti satu unit mobil suzuki pickup dengan nopol BM 8683 SE. Yang digunakan kedua pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya dan satu unit mobil jenis mitsubishi colt SS pickup warna putih yang merupakan hasil curian.

Kedua pelaku beserta perkakas yang digunakan pelaku untuk mencongkel pintu mobil dan satu socket starter untuk menghidupkan mobil hasil curian tersebut.

” Setelah pelaku dan barang bukti berhasil diamankan ke mapolres sijunjung,  kemudian kita serahkan kepada penyidik Polsek Bukit Sundi untuk dilakukan proses dan penyidikan lebih lanjut,” terang pria lulusan akpol asal aceh tersebut. (h/ogi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 6