Ratusan Pejabat Pemkab Pasaman Tes Urine

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM – Ratusan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pasaman menjalani tes urine. Kegiatan mendadak itu dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat, sebagai pencegahan serta memastikan para abdi negara steril dari penggunaan narkoba.

Test urine dilakukan di aula lantai III kantor bupati, dengan dipimpin langsung oleh Bupati Pasamam, Yusuf Lubis. Bukan hanya pejabat eselon saja, namun bupati, wakil bupati juga sekretaris daerah ikut menjalani test urine.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, pelaksanaan tes urine secara mendadak itu dilakukan sebagai upaya mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba khusus di kalangan ASN. Menurutnya, sesuai data penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat kronis. Di Pasaman, penyalahgunaan narkoba juga cukup tinggi, karena daerah itu menjadi perlintasan transaksi narkoba dari Kabupaten Madina, Sumut.

Ia menegaskan, pelaksanaan tes urine menjadi komitmen pihaknya memerangi narkoba. Ia menambahkan, jika ada pejabat yang terindikasi mengunakan narkoba akan diberikan pembinaan terlebih dahulu sebelum dijatuhi sanksi tegas.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman, Afridansyah mengatakan, tes urine yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat itu diikuti seratusan pejabat di lingkup Pemkab setempat.

Hasil tes urine oleh BNN tersebut, akan diserahkan ke bupati sebagai pimpinan tertinggi di kabupaten itu. Pejabat yang terindikasi positif narkoba, akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu.

 

News by DIMAS SETIAWAN

( Pronews FM Padang )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65 − 57 =