Ratusan Massa Serikat Buruh Indonesia Pasaman Barat Demo di DPRD dan Kantor Bupati

Ratusan Massa Serikat Buruh Indonesia Pasaman Barat Demo di DPRD dan Kantor Bupati
Ratusan masa SBI berunjuk rasa di depan kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu (02/5/2018) (foto : Siel Saputra)

PASAMAN BARAT – Ratusan masa yang mengatasnamakan Serikat Buruh Indonesia (SBI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berunjuk rasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan di Depan Kantor Bupati serta konvoi ke beberapa perusahaan Kelapa Sawit yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (02/5/2018).

Unjukrasa ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Buruh Nasional yang jatuh pada tanggal 01 Mei 2018. Dari pantauan Minangkabaunews.com di depan Kantor Bupati Pasbar masa yang terdiri dari para buruh yang ada di Pasbar dan mahasiswa dalam orasinya menyampaikan beberapa keluhan dan tuntutannya.

Ketua Serikat Buruh Indonesia (SBI) Perwakilan Pasbar Devi Irawan mengatakan, SBI Pasbar menuntut pemerintah daerah dan perusahaan – perusahaan yang ada di Pasbar agar memperhatikan kesejahteraan buruh yang bekerja pada perusahaan mereka.

Dikatanya, SBI Pasbar menolak segala bentuk penindasan terhadap buruh, berikan fasilitas yang layak berupa perumahan, instalasi listrik, ketersedian air bersih, serta transportasi buruh.

“SBI menolak upah murah bagi buruh. Naikan gaji buruh sesuaikan dengan kinerja dan kelayakan, berikan fasilitas kesehatan yang memadai berupa kemudahan bagi buruh untuk mendapatkan surat berobat dari perusahaan, berikan fasilitas pendidikan beasiswa bagi keluarga buruh sampai perguruan tinggi, tolak PHK dan pemutusan hubungan kerja sepihak,” pungkasnya.

Ditambahkan, SBI Pasbar juga menuntut untuk mendapatkan hak cuti tanpa paksaan untuk bekerja sesuai perundang – undangan, menerima gaji tepat waktu sesuai tanggal gajian yang telah disepakati, serta menolak sistem target kerja di perusahaan, dan hapuskan sistem kerja kontrak yang dinilai merugikan buruh itu sendiri.

“Kami juga akan konvoi kesejumlah perusahaan kelapa sawit yang ada di Pasbar yakni PT.Anam Koto, PT.Agro Wira Ligatsa (AWL),PT.Berkat Sawit Sejahtera (BSS) dan berakhir di PT.Agrowiratama”, katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasbar Yulianto, yang diwakili Sekda Pasbar Manus Handri, mengucapkan terimakasih kepada SBI Pasbar yang telah menyuarakan Keluhan-keluhan Buruh Pasbar.

“Kami dari Pemerintah daerah Pasbar tentu akan berikan perhatian dan menindak lanjuti tuntutan para buruh pasbar. Kami akan memanggil dinas Ketenaga kerjaan dan juga akan menyurati perusahaan terkait” katanya. (EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 19 = 29