Puluhan Unit Rumah di Sukabumi Rusak Akibat Gempa

Rumah warga di Kampung Pangkalan RT 23 RW 05 Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi rusak berat akibat gempa 6,1 SR Lebak Banten Selasa (23/1).

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Sebanyak 28 unit rumah di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat rusak akibat gempa bumi. Hal tersebut berdasarkan hasil pengecekan langsung ke lokasi bencana pada Ahad (8/7).

Sebelumnya, pada Sabtu (7/7) Kabupaten Sukabumi merasakan getaran gempa beberapa kali. Meskipun tidak berpusat di Sukabumi namun guncangan gempa cukup dirasakan warga bahkan menyebabkan kerusakan sejumlah rumah di beberapa kecamatan.

“Hasil pendataan sementara ada 28 unit rumah warga yang rusak di Kampung Ciangsana, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Maman Suherman kepada wartawan Ahad. Namun rumah tersebut rata-rata hanya mengalami kerusakan ringan.

Menurut Maman, pengecekan ke lokasi terdampak gempa dipimpin langsung kepala pelaksana (Kalak) BPBD Sukabumi. Langkah tersebut dilakukan untuk mengecek secara langsung lokasi terdampak gempa.

Maman menerangkan, untuk menuju lokasi bencana petugas BPBD menggunakan sepeda motor. Di mana lokasi yang dilaporkan terdampak lokasinya cukup jauh.

Titik lainnya yang dilaporan kerusakan akibat gempa adalah di Kampung Cimanggu RT 03 RW 02 Desa/Kecamatan Kabandungan. Di daerah itu ada dua unit rumah yang mengalami kerusakan.

Rinciannya satu rumah rusak sedang dan satu rumah lainnya mengalami rusak ringan. Jumlah warga yang terdampak bencanna mencapai sebanyak enam orang.

Dalam kejadian ini lanjut Maman, tidak ada warga yang menjadi korban. Kerusakan yang terjadi setelah guncangan gempa yang terakhir pada pukul 12.20 WIB. “Keluarga korban diimbau agar tidak tinggal di rumahnya sampai kondisi aman terkendali,” cetus Maman.

Taksiran kerugian akibat bencana  ini masih dalam penghitungan. Saat ini BPBD melakukan koordinasi dengan pihak aparat desa untuk penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama terjadi pada pukul 10.53 WIB dengan kekuatan 3.2 skala richter (SR). Lokasi gempa pada titik koordinat 6.91 LS,106.46 BT dan berpusat di 43 kilometer Barat Daya Kabupaten Bogor Jawa Barat dengan kedalaman 16 kilometer dirasakan di Cikatomas dan Cisolok, Sukabumi

Terakhir gempa 4.6 SR pada pukul 12.23 WIB yang berada pada titik koordinat 6.98 LS 106.34 BT yang berpusat di 47 kilometer Tenggara Lebak Banten. Adapun kedalamanya mencapai enam kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 + = 59