Puluhan Sapi di Pessel Mati Mendadak, Kaki dan Hidungnya Keluar Darah

Puluhan Sapi di Pessel Mati Mendadak, Kaki dan Hidungnya Keluar Darah

Terlihat salah satu Sapi milik masyarakat Kenagarian Pasar Bukit, Linggo Sari Baganti, Pessel, yang masih bertahan hidup digerogoti penyakit mematikan. (Okis Mardiansyah)

 

 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah peternak sapi di Kenagarian Pasar Bukit, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, resah akibat kematian sejumlah sapi milik mereka secara tiba-tiba.

Ketua Pemuda Pasar Bukit, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Feri mengatakan, kematian sapi tersebut diduga terkena serangan penyakit yang datang secara tiba-tiba sejak bulan terakhir. Menurutnya, sapi yang terkena penyakit tersebut, mengalami pendarahan disekitar hidung dan kuku.

“Kondisi ini sudah terjadi sekitar sebulan ini. Jadi, jika sapi tersebut sudah memiliki tanda-tanda pendarahan segar dibagian hidung dan kuku, maka sapi itu akan mati dalam dua hari,” jelasnya. Kamis (5/4).

Dijelaskannya, semenjak sapi-sapi di daerahnya terkena serangan penyakit tersebut, maka sudah puluhan ternak sapi yang mati cuma-cuma. Selama ini, kata dia, penyakit tersebut belum pernah menimpa hewan ternak sapi milik mereka.

“Apa jenis penyakitnya, kami juga belum tahu. Mungkin dokter hewan yang bisa menjelaskan nantinya. Sebab, kondisi ini sudah sangat meresahkan kami. Apalagi dampak dari penyakit ini, sudah puluhan ekor sapi yang mati sia-sia,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, kondisi kematian sapi tersebut, sudah dilaporkan ke dokter hewan (Manteri) terdekat. Namun, lanjut dia, sejauh ini belum ada kepastian tentang apa penyakit yang sedang menyerang sapi-sapi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 2