Puluhan PKL Pantai Gandoriah Pariaman Direlokasi ke Pujasera Stasiun KA

Puluhan PKL Pantai Gandoriah Pariaman Direlokasi ke Pujasera Stasiun KA

Pasca relokasi pada sorenya, pujasera masih belum ditempati pedagang.

 

PARIAMAN – Satpol PP dan Petugas gabungan TNI-Polri bantu pedagang depan Pentas Seni Gandoriah, Kota Pariaman merelokasi tempat berjualannya ke Pujasera yang telah disediakan, Senin (9/4).

Belasan pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar objek wisata Pantai Gandoriah, Kecamatan Pariaman Tengah, dipindahkan kebangunan baru depan stasiun Kereta Api Pujasera atau area makan terbuka karena telah selesai direnovasi oleh pemerintah daerah.

“Penertiban dan relokasi pedagang ini sudah sesuai dengan kesepakatan bersama pihak terkait termasuk para pedagang beberapa waktu lalu,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Handrizal Fitri.

Ia mengatakan, sebelum direlokasi para pedagang sudah dikirimkan surat peringatan pertama dan ketiga oleh dinas terkait untuk memindahkan barang dagangannya namun tidak dituruti.

Maka aparat gabungan yang terdiri dari instansi Polri, TNI, Satpol-PP dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terpaksa melakukan tindakan persuasif.

Para pedagang tersebut dipindahkan untuk menciptakan dan mendukung objek wisata yang bersih, nyaman dan tertata dengan rapi.

“Pemindahan pedagang bukan untuk mematikan usahanya, namun agar mereka direlokasi ke tempat yang lebih representatif, aman, nyaman dan bersih sehingga mendukung pariwisata daerah,” tuturnya.

Terpisah Kadis Pariwisata Elvis Candra mengatakan, pemindahan pedagang berjalan lancar dan aman hanya terjadi komplen saja dari para pedagang.

“Ini merupakan sudah upaya terakhir kita lakukan dari beberapa dialog dengan pedagang. Meskipun tidak sesuai dengan keinginan para pedagang namun pujasera ini sudah layak unutk ditempati,” ucapnya.

Iapun mengatakan, sewa perkios terjangkau dengan kondisi ekonomi pedagang hanya Rp500.000/tahun.

Selama relokasi Pemko akan menempatkan personil keamanan dari Pol PP, Polisi dan TNI di lokasi Pujasera.

Kadis Pariwisata juga membantah isu dari pedagang bahwa sebelumnya PT. Semen Padang akan membangunkan kios di tempat arena bermain anak yang ada disana sekarang. (Warman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 2 =