Proposal Pertamina untuk Kelola Blok Rokan Sudah di Tangan ESDM

Pemerintah segera memutuskan pengelola Blok Rokan di Riau, yang akan terminasi pada 2021. Saat ini, proposal perpanjangan kontraktor eksisting, PT Chevron Pacific Indonesia tengah dievaluasi oleh pemerintah. Di satu sisi, PT Pertamina pun telah mengajukan proposal untuk bisa mengelola blok migas terbesar di Sumatera itu.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menyebutkan, Pertamina telah menyerahkan proposal final untuk pengelolaan blok tersebut, lengkap dengan komitmen kerja pasti dan bonus tanda tangan. Meski begitu, Arcandra belum mau membeberkan berapa besaran komitmen investasi dan bonus tanda tangan yang disampaikan oleh Pertamina.

Arcandra pun menargetkan, kontraktor pemenang Blok Rokan setelah 2021, akan diputuskan pada awal Agustus 2018.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya telah buka-bukaan soal nilai investasi yang ditawarkan Chevron. Chevron disebut akan menginvestasikan sebesar US$88 miliar selama 20 tahun setelah 2021. Jika dikalkukasikan, angka itu setara dengan Rp1.276 triliun (dengan asumsi kurs Rp14.500 per dolar AS). Meski begitu, Arcandra masih bungkam soal nilai investasi yang ditawarkan oleh Pertamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 − = 12