Polri Siapkan Program Rumah DP Nol Persen untuk Anggota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuat skema rumah dengan mekanisme DP nol persen untuk anggotanya. Skema tersebut dibuat karena pembangunan rumah untuk anggota Polri dianggap masih kurang.

Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian mengatakan saat ini dari 440 ribu anggota Polri. Sebanyak 300 ribu di antaranya belum memiliki rumah.

Selain dengan bank pemerintah, Polri juga bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI). Tito menyebut pembangunan rumah tersebut dibiayai oleh bank. Selanjutnya, akan ada pemotongan gaji anggota. Dia berharap dengan adanya kenaikan tunjangan kinerja tahun ini yang mencapai 70 persen, maka setiap anggota diharapkan mampu membeli rumah.

Mantan kapolda Metro Jaya ini mengatakan sudah menandatangani kerja sama rumah DP nol persen dengan pihak bank. Harapannya, agar anggota polisi punya hunian yang laik.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan skema rumah DP nol persen ini bukan terinspirasi dari program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menyebut Polri telah lebih dulu program DP nol persen.

Pihaknya menyebut mekanisme program tersebut akan sama dengan layanan kredit perumahan rakyat (KPR). Artinya, para anggota bisa mencicil membeli rumah dengan waktu tertentu, hanya saja tidak uang muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 + = 55