Polri Antisipasi Ancaman Teroris Jelang HUT RI

Dimas Setiawan :

Beredar informasi terkait adanya ancaman aksi teror oleh kelompok teroris Anshor Daullah pada HUT kemerdekaan RI 17 Agustus. Kepolisian RI siap mengantisipasi kabar aksi teror yang mulai muncul di media sosial tersebut.

Namun, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, mengaku pihaknya belum bisa memverifikasi kebenaran informasi itu. Meski belum membenarkan terkait ancaman teror tersebut, Setyo mengatakan, informasi sekecil apa pun tak bisa diremehkan. Ia menegaskan, setiap ada informasi, akan dilakukan pengecekan dan dipelajari terlebih dahulu agar bisa diketahui kebenaran informasi tersebut. Dengan demikian, bisa ditentukan keputusan apa yang akan diambil.

Sejauh ini, pihak Polri sudah melakukan langkah antisipasi ancaman teror. Langkah antisipasi itu, termasuk dalam menyiapkan alat untuk mencegah serangan teror dengan modus menabrakkan kendaraan bermotor.Setyo menambahkan, langkah antisipasi yang lebih penting yakni meningkatkan kewaspadaan di masyarakat maupun anggota Polri. Ia juga meminta masyarakat tetap waspada di setiap tempat keramaian.Setiap ada yang hal yang mencurigakan, agar segera dilaporkan ke petugas keamanan maupun ke polisi.
Setyo mengatakan, dari informasi intelijen, pihaknya sudah mendeteksi beberapa pergerakan-pergerakan terkait ancaman teror. Pihaknya pun sudah melakukan upaya antisipasi.
Setyo menambahkan, Polri juga melakukan antisipasi dan mewaspadai terhadap leaderless teroris atau atau teroris tanpa pemimpin dengan jaringan terputus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

35 − = 29