Pikat Turis Singapura, Sumbar Undang Blogger Singapura Promosikan Pariwisata

                                   Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian.

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengundang enam blogger Singapura untuk membantu mempromosikan wisata daerah di negara itu menjelang dibukanya rute penerbangan langsung Singapura-Padang oleh maskapai Air Asia pada awal Februari 2018.

“Mereka kita undang menikmati keindahan alam, seni dan budaya Sumbar dengan harapan mereka menuliskan pengalaman itu dalam blog masing-masing,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Rabu (10/1).

Ia mengatakan itu terkait upaya pengembangan pariwisata salah satunya melalui pembukaan rute penerbangan langsung Singapura-Padang.

Menurutnya tulisan dalam blog itu diharapkan bisa menyebar di Singapura sebelum rute penerbangan dibuka. Tujuannya agar turis Singapura tertarik untuk datang ke Sumbar dan bisa menjadwalkan liburan pada awal Februari 2018, saat penerbangan perdana Singapura-Padang dibuka.

Meski demikian, Oni belum memastikan paket wisata apa yang akan diberikan pada blogger Singapura tersebut, karena masih dalam proses diskusi dengan sejumlah pihak terkait pariwisata.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan rute penerbangan langsung Singapura-Padang itu merupakan salah satu faktor yang diharapkan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah itu.

Ia mendorong pelaku pariwisata untuk bisa memanfaatkannya dengan membuat paket-paket wisata yang menarik untuk wisatawan asal Singapura.

Paket wisata itu dibuat dengan survei yang baik, memperhitungkan apa yang ingin didapatkan wisatawan itu di Sumbar.

Nasrul juga berharap rute penerbangan itu bisa bertahan lama, tidak seperti maskapai sebelumnya yang hanya bertahan beberapa bulan, kemudian ditutup kembali.

Sementara itu Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata atau ASITA Sumbar Ian Hanafiah mengatakan promosi wisata Sumbar di Singapura sangat penting agar wisatawan dari negara itu bisa ikut pada penerbangan perdana Singapura-Padang.

Mengundang blogger itu menurutnya langkah yang bagus untuk promosi apalagi jika bisa sekaligus mengundang wartawan Singapura.

“Jadi sebelum rute penerbangan dibuka, Pariwisata Sumbar seharusnya sudah lebih dahulu dikenal sehingga banyak yang tertarik untuk datang,” kata dia.

Ia optimis kunjungan wisatawan dari Singapura ke Sumbar akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing, karena ia meyakini maskapai sekelas Air Asia pasti telah melakukan survei mendalam sebelum membuka sebuah rute penerbangan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =