Petugas Pelayanan BPJS Kesehatan Pessel Diduga Lecehkan Warga

   Petugas Pelayanan BPJS Kesehatan Pessel Diduga Lecehkan Warga
Petugas BPJS Kesehatan Cabang Pessel melayani warga, Kamis (10/5). Okis

 

 

 

 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Pelayanan publik oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Cabang Painan, dikeluhkan warga.

Baru-baru ini, Richi Faiska (25), seorang warga Nagari Batu Hampar, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, menangis ketika hendak mengurus kartu BPJS Kesehatan kurang mampu orang tuanya yang sedang saat itu terbaring lemah di ruangan ICU RSUP M.Djamil Padang, Rabu (9/5).

“Padahal saya sudah memperlihatkan sejumlah persyaratan administrasi untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan Ayah saya. Termasuk juga memperlihatkan surat keterangan miskin dari walinagari dan rekomendasi dari Dinas Sosial. Namun, salah satu petugas BPJS menyebutkan, lai sabana miskin? (Apa benar miskin?),” sebut Richi kepada sejumlah awak Media di Painan.

Lebih lanjut dijelaskannya, petugas BPJS itu diketahui bernama Rizky. Menurutnya, ketika petugas melihat surat-surat yang diajukan tersebut, ternyata orangtua Richi adalah seorang Wartawan.

“Dia mengolok, dengan mengatakan wartawan kok miskin?  tanpa memberikan solusi dan keterangan lebih lanjut terkait pengurusan kartu BPJS,” ungkapnya lagi.

Dikatakan Richi, saat itu ia terus meyakinkan petugas BPJS bahwa ia benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, petugas BPJS tetap tidak yakin bahwa ia berasal dari keluarga kurang mampu.

“Saya sudah berusaha meyakinkan petugas BPJS kalau saya berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, dia tetap tidak percaya. Petugas mengatakan, kalau miskin itu tidak memiliki rumah dan tidak makan, itu baru namanya orang miskin. Tentu perkataan itu sangat membuat saya sedih, padahal kami mengurus BPJS kurang mampu ini benar-benar tidak ada biaya,” sebutnya dengan nada sedih.

Terkait kejadian itu, awak media di Painan, mencoba melakukan mediasi dengan sejumlah petugas BPJS Painan, termasuk Rizky. Sebab, Kepala Cabang BPJS Painan, Santi Setiawati saat itu diketahui sedang berada di Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =