Pemkot Padang diminta operasi pasar antisipasi kenaikan harga bahan pokok

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Anggota DPRD Padang, Sumatera Barat, Surya Jufri Bitel meminta pemerintah kota setempat mengawasi dan mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok dengan menggelar operasi pasar menjelang bulan Ramadan 1439 Hijriah.

“Menjelang Ramadan biasanya harga bahan pokok mulai naik, yang menyebabkan masyarakat tidak nyaman dalam menjalankan ibadah puasa,” katanya di Padang, Senin.

Untuk itu, kata dia pemkot harus bisa mengantisipasi kenaikan harga Sembako dan ketersediaan stok barang selama Ramadan karena permintaan masyarakat akan jauh mengalami peningkatan.

Selain karena permintaan meningkat, lanjutnya terkadang melonjaknya harga bahan pokok juga bisa disebabkan adanya spekulan atau orang yang mencari keuntungan besar.

Oknum yang melakukan penimbunan bahan pokok, kata dia harus diwaspadai dan juga ditindak tegas jika memang kedapatan sehingga tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi menjelang Ramadan.

“Kami berharap masyarakat dapat menjalankan ibadah puasanya dengan nyaman tanpa ada gangguan kenaikan harga bahan pokok yang signifikan,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Kalau pun ada kenaikan, ia berharap masih dalam harga yang wajar, karena hukum pasar itu memang demikian, semakin tinggi permintaan, tentu semakin tinggi juga harganya.

Sementara sejumlah bahan pokok di Kota Padang mengalami kenaikan, seperti harga cabai merah mulai naik di Pasar Raya Padang dari Rp30.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram atau naik sebanyak Rp5.000.

“Harga cabai satu minggu terakhir memang tidak stabil yang disebabkan tingginya permintaan sementara pasokan tidak bertambah,” kata salah seorang pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang, Anto T (49).

Harga bawang merah juga kembali naik setelah sempat turun ke harga Rp30.000 per kilogram, dan saat ini naik menjadi Rp36.000 per kilogram.

Kemudian ayam ayam ras atau pedaging juga mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir, yakni dari Rp35.000 per ekor menjadi Rp40.000 per ekor.

Bahan pokok lainnya seperti gula pasir yakni Rp12.000 per kilogram, minyak tanah Rp9.000 per liter, harga tersebut masih stabil sejak awal 2018. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

91 − 81 =