Pemadaman kebakaran hutan dan lahan melalui helikopter di di Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Kelangsungan Asian Games 2018 di Palembang terancam. Ancaman kebakaran hutan yang sempat dikhawatirkan ternyata benar-benar terjadi. Lagi-lagi, Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi kawasan yang paling banyak terdapat titik api. Dan, saat ini, titik api mulai mengarah ke kawasan Jakabaring.

Situasi tersebut langsung ditanggapi oleh Satuan Tugas Karhutla Sumatra Selatan. Komandan Satgas Karhutla Sumsel, Kolonel Inf Imam Budiman, pada Jumat 20 Juli 2018, memastikan pihaknya bakal mengatasi masalah ini. Imam menegaskan sudah menyiapkan anggota Satgas Karhutla hingga 600 personel. Mereka dibagi ke dalam 60 tim yang masing-masing berjumlah 10 orang.

Hampir 90 persen lahan yang terbakar,  bermula dari tindakan oknum yang memang sengaja melakukannya. Imam menyayangkan tindakan oknum ini. Sebab, harga diri Indonesia bisa rusak karena Karhutla yang mengganggu Asian Games.

Bukan cuma penanggulangan secara teknis. Tapi, Satgas Karhutla juga melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tak membakar lahan demi mencegah meluasnya kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 87 = 90