Pelabuhan di Sumbar akan Dilengkapi “display” prakiraan cuaca

Padang (ANTARA) – Seluruh pelabuhan dan titik kumpul nelayan di Sumatera Barat akan dilengkapi dengan display atau papan informasi elektronik yang berisi konten analisis cuaca BMKG yang bisa dipedomani sebelum melaut.

Kepala Balai Besar Meterorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Edison Kurniawan mengatakan sekarang sudah ada empat titik lokasi pemasangan display itu.

Menurutnya agar realisasi pemasangan display itu lebih cepat, dilakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar. Perjanjian itu bisa menjadi dasar bagi dinas tersebut untuk membantu pengadaan display.

Konten tersebut berupa data tekhnis yang berkaitan dengan cuaca, gelombang dan arus laut yang harus diinterpretasikan kembali oleh nelayan agar menjadi data yang mudah dipahami.

Kepala Stasiun Maritim Teluk Bayur, Syafrizal menyebut empat titik pemasangan display informasi cuaca BMKG itu masing-masing di Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Painan, Kantor Dinas Keluatan dan Perikanan Sumbar, kantor DKP Padang dan Pelabuhan Perikanan Samudra Bungus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64 − = 58