PDIP Bebaskan Jokowi Pilih Cawapres

PDIP Bebaskan Jokowi Pilih Cawapres

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah (kanan). MI/Adam Dwi

 

 

 

 

Jakarta: PDI Perjuangan (PDIP) membebaskan Joko Widodo memilih calon wakil presiden untuk Pilpres 2019. Wasekjen PDIP Ahmad Basarah menyatakan partainya tak akan mengintervensi Jokowi memilih ‘pendamping’.

“Karena secara politik PDIP sudah punya Pak Jokowi, karena Pak Jokowi adalah kader PDIP,” kata Basarah dalam Prime Time News Metro TV, Jumat, 6 Juli 2018.

Basarah mengungkapkan, Jokowi punya tiga opsi dalam memilih cawapresnya. Pertama dari kader internal PDIP, lalu tokoh partai koalisi, atau bisa juga tokoh di luar partai koalisi.

“Itu bisa datang dari tokoh profesional, dari tokoh agama, tokoh militer, dan lain-lain,” ujarnya.

Basarah yakin Jokowi tengah menimbang betul sejumlah nama yang disodorkan PDIP maupun partai koalisi lain. Dia yakin pula nama-nama calon pendamping Jokowi sudah mengerucut. Sebab, waktu pendaftaran Pilpres tinggal sebulan lagi.

“Masa untuk menentukan siapa cawapres itu tinggal menghitung hari, 26 hari sampai 24 Agustus akan datang,” kata Basarah.

Wakil Ketua MPR itu masih enggan membocorkan nama kandidat cawapres yang telah disodorkan. Termasuk, kemungkinan nama yang berpeluang besar ‘dipinang’ Jokowi.

“Nanti pada saatnya ketua umum partai politik akan diajak bicara Pak Jokowi untuk menentukan cawapresnya,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =