Pakai uang Rakyat, DPRD Sumbar Pelesiran ke Tiga Benua

Hasil gambar untuk gedung dprd sumbar

PADANG, HALUAN – Keberangkatan Anggota DPRD Sumbar untuk pelesiran ke luar negeri tinggal menghitung hari.  Jika sebelumnya diinformasikan keberangkatan perdana dewan akan dilakukan tanggal 27 Oktober, keberangkatan akan dipercepat 5 Oktober mendatang. Sekitar tujuh negara di tiga benua akan dikunjungi DPRD.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano berharap jangan ada pihak-pihak yang alergi dengan rencana kunjungan DPRD ke luar negeri. “Saya sampaikan sedikit jangan sampai alergi lah kalau DPRD melaksanakan kunjungan ke luar negeri, itu juga bahagian tugas pokok dan fungsi DPRD sebagai pemerintahan daerah,” ulas Arkadius di Gedung DPRD Sumbar, Senin (2/10).

Untuk negara yang dikunjungi, menurut Arkadius, diantaranya adalah Hawai Amerika Serikat, kemudian negara-negara di benua Eropa. Diantaranya, Jerman , Spanyol, Leiden Belanda dan Perancis. Sementara untuk negara di Asia anggota DPRD akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan. Dengan begini ada sekitar tujuh negara di tiga benua yang akan disambangi.

Dipaparkan Arkadius, untuk kunjungan ke Jerman agendanya adalah pameran. Sumbar juga ikut sebagai peserta dalam pameran tersebut. Sementara di Leiden Belanda kunjungan akan dilakukan ke perp8stakaan dan arsip.

Salah satunya menelusuri arsip silsilah Raja Pagaruyung yang kerap diperselisihkan, di Leiden ini arsip terkait itu terbilang lengkap. Sedangkan untuk ke Hawai Arkadius mengaku belum begitu memahami subtansinya. Ia mengaku masih harus mempelajari dulu. “Sesuai aturan Kemendagri, satu tim berangkat maksimal 5 orang (dewan),” ujarnya.

Arkadius memastikan akan ikut, namun jadwal belum dipastikan. Sebab ia akan melihat kegiatan di DPRD dulu. Karena saat ini masih pembahasan APBD 2018, kemungkinan ia belum akan berangkat dalam waktu dekat. Perjalanan setiap dewan ini akan berlangsung enam hari, mulai dari berangkat hingga kepulangan. (h/len)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 2 =