Padang menjadi salah satu daerah yang dilalui api obor Asian Games

 

 

Jakarta, (Antaranews Sumbar) – Api obor Asian Games ke-18 akan melalui 51 titik di berbagai daerah Indonesia yang pada akhirnya nanti akan diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus. Salah satu dari 51 daerah itu adalah Kota Padang.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani usai rapat koordinasi persiapan Asian Games dan Asian Paragames 2018 di kantor Kemenko PMK Jakarta, Kamis, mengatakan api Asian Games akan dibawa dari New Delhi India pada 15 Juli.

“Persiapan torchr relay atau membawa api Asian Games dimulai dari New Delhi pada 15 Juli yang akan diwakili oleh Kemenpora yang ada di India untuk kemudian langsung dibawa ke Indonesia,” kata Puan.

Titik pertama api obor Asian Games datang ke Indonesia ialah di Yogyakartan dan kemudian akan melewati 51 titik atau lokasi yg ada di Indonesia.

“Kenapa dipilih jalur 51 titik atau lokasi, karena kita juga berharap momen Asian Games ini sekaligus bisa meningkatkan ekonomi dan pariwisata. Dan tentu saja menjalin kerja sama di bidang olahraga dan mempererat kerja sama di bidang politik,” kata Menko Puan.

Beberapa lokasi yang akan dilalui oleh api Asian Games tersebut seperti Yogyakarta, Bali, Makassar, Raja Ampat, Padang, Balikpapan, Palembang, Aceh, Malang.

Perjalanan api Asian Games tersebut akan berakhir di Jakarta untuk diserahkan pada Presiden Joko Widodo sebelum upacara penurunan bendera pusaka pada 17 Agustus.

“Karena bulan Agustus momen hari kemerdekaan, maka apa saja yang akan dilakukan di Asian Games harus berisirasn dan bersatu atau bersinergi dengan momen hari kemerdekaan tanggal17 Agustus,” kata Puan.

Puan menerangkan penyelesaian proyek infrastruktur untuk Asian Games akan selesai pada akhir Juli. Sementara sebanyak 25 dari 40 cabang olahraga sudah melakukan uji coba pertandingan. Sebanyak 15 cabang olahraga sisanya akan melakukan uji coba secara bertahap sebelum Asian Games dimulai. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =