Nelayan dan jasa transportasi diminta waspadai gelombang di perairan Mentawai

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat mengimbau nelayan dan jasa transportasi laut agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar wilayah Kepulauan Mentawai.

“Gelombang laut dengan tinggi dua hingga 3,5 meter berpotensi terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Samudra Hindia Barat Bengkulu beberapa hari ke depan,” kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Yosyea Oktaviandra di Padang, Kamis.

Kemudian daerah perairan barat Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Selatan, dan Pulau Enggano juga terdapat potensi gelombang setinggi satu hingga 2,5 meter.

Sementara di perairan Pesisir Barat Kabupaten Pasaman Barat hingga Pesisir Barat Pesisir Selatan gelombang laut diperkirakan setinggi 0, 5 hingga 1,25 meter.

“Gelombang maksimum dapat mencapai dua kali perkiraan itu,” kata dia.

Oleh sebab itu ia mengimbau jasa transportasi laut agar berhati-hati ketika melintas di laut. Kemudian untuk nelayan juga diminta berhati-hati dan jika tidak memungkinkan maka melaut harus ditunda dahulu.

“Jangan memaksakan jika tidak memungkinkan karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan,” tambahnya.

Secara umum, menurutnya cuaca di laut diperkirakan berawan tebal dan angin berembus dari tenggara ke barat dengan kecepatan dua hingga satu hingga delapan knot per jam.

Sementara BMKG Minangkabau Padang Pariaman menyatakan kondisi cuaca Sumatera Barat pada Mei 2018 dalam masa peralihan dari musim hujan ke kering.

“Karena dalam masa peralihan tersebut, kondisi cuaca sering berubah-ubah,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Budi Iman Samiadji.

Menurutnya sejak Maret hingga awal Mei 2018 kondisi cuaca Sumatera Barat dominan hujan, kemudian akhir Mei sampai awal Agustus kondisi atmosfer cenderung kering.

Secara umum cuaca Sumatera Barat beberapa hari ke depan pada siang hari cenderung cerah berawan, dan sore berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Agam, Padang panjang, Kota Solok, dan Kabupaten Solok.

Pada malam hari, juga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Tanah Datar, Kabpaten Solok, Kota Solok, Pesisir selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 4 =