Minyak Tumpah di Teluk Balikpapan Akibat Patahnya Pipa Pertamina

Minyak Tumpah di Teluk Balikpapan Akibat Patahnya Pipa Pertamina

Kebakaran di perairan Balikpapan (Foto: Dok. Instagram @Iieebarbie/via REUTERS)

 

 

 

Jakarta – Polisi telah menemukan penyebab tumpahnya minyak hingga terjadinya kebakaran di perairan Pelabuhan Semayang, Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Minyak tumpah di perairan karena pipa milik Pertamina yang patah.

“Jadi hasil investigasi selama ini bahwa ada pipa pertamina yang putus, yang ada di kedalaman sekitar 20 meter di dasar laut. Itu yang menyebabkan minyak keluar dan menyebabkan kebakaran,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Ade Yaya Suryana saat dihubungi detikcom, Rabu (4/4/2018) malam.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (31/3) lalu ini menyebabkan kapal yang mengangkut batu bara terbakar di bagian buritan. Selain itu kapal nelayan ikut terbakar hingga akhirnya menewaskan 5 orang.

“Total korban 5 orang. Hari pertama (ada) 2 (korban ditemukan). Hari berikutnya ketemu 2 (orang). Dan kemarin ketemu 1 (orang). Semua warga lokal, nelayan,” ujar Ade.

Dia mengatakan ada sebanyak 11 orang saksi yang sudah diperiksa terkait kejadian ini. Saksi-saksi itu berasal dari pihak Pertamina hingga warga sekitar lokasi kebakaran.

“Sampai saat ini ada 11 saksi. Dari Pertamina ada. Kemudian saksi dari KSOP, kemudian 3 motoris speed boat. Ada juga anggota kita yang pertama ke TKP. Kemudian masyarakat lainnya yang ada di sekitar,” ucap Ade.

Kebakaran ini terjadi pada Sabtu (31/3) sekitar pukul 10.00 WIB. Selain kebakaran, tumpahan minyak menyebabkan laut tercemar dan menyebabkan ikan-ikan mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − 74 =