Menkumham Rombak 100 Pejabat, Kalapas Sukamiskin Diganti

image_title

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly

VIVA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly, melakukan perombakan terhadap 100 pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Salah satu pejabat yang diganti yakni Kalapas Sukamiskin, Dedi Handoko.

Dedi dipindahkan untuk mengisi jabatan Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau. Perombakan 100 pejabat itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menkumham nomor M.HH-08.KP.03.03 2018.

Selain Dedi, Kabiro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham, Ferdinand Siagian, juga dipindahkan sebagai Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Sementara sejumlah Kakanwil lainnya yang dipindahkan di antaranya, Kakanwil Bangka Belitung Yoseph menjadi Kakanwil Kalimantan Tengah. Kakanwil Kalimantan Selatan Imam Suyudi menjadi Kakanwil Sulawesi Selatan.

Kemudian Kakanwil Riau Dewa Putu Gede menjadi Kakanwil Banten. Kakanwil Nusa Tenggara Timur M Diah menjadi Kakanwil Riau. Inspektur Wilayah IV Inspektorat Jenderal Sulistiarso menjadi Kakanwil Bangka Belitung.

Yasonna yang melantik langsung para pejabat eselon II tersebut di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Yasonna mengatakan mutasi ini dilakukan dalam rangka penyegaran untuk meningkatkan kinerja mereka. “Ya harapan kami supaya mereka betul-betul meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Jadi penyegaran itu perlu dalam suatu organisasi,” ujarnya.

Menurut Yasonna, pejabat yang diganti ini ada yang meningkat dari eselon III ke eselon II, dari eselon IIb jadi eselon IIa atau masih pada jabatan yang sama. Politikus PDIP itu pun mengimbau agar para pejabat baru ini bisa mengimplementasikan pelayanan yang terbaik.

“Jadi ini semua pelantikan eselon II. Jadi semua pelayanan publik harus sudah semakin lebih baik,” ujarnya.

Fokus Lapas

Yasonna pun berpesan khusus kepada para pejabat baru di lingkungan Lapas. Yasonna meminta para pejabat baru itu membuat Lapas menjadi lebih baik hingga mengatasi masalah peredaran narkoba.

“Kalau di pemasyarakatan harus betul-betul membuat lembaga pemasyarakatan tempat dia bekerja jadi lebih baik, mengatasi masalah-masalah narkoba,” kata dia

Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat

Dalam perombakan ini, sejumlah pergantian Kepala Lapas di antaranya Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kakanwil Sulawesi Barat Farid Junaedi menjadi Kepala Lapas Kelas I Malang. Kepala Lapas Kelas I Surabaya Riyanto menjadi Kepala Lapas Kelas I Palembang.

Kepala Lapas Kelas I Palembang Pargiyono menjadi Kepala Lapas Kelas I Surabaya. Kepala Lapas Kelas I Madiun Wahid Husen menjadi Kepala Lapas Sukamiskin, hingga Kepala Lapas Kelas II Ambarawa Tejo Harwanto menjadi Kepala Lapas Kelas I Medan.

Tak hanya pada para Kepala Lapas, Yasonna juga berpesan kepada sejumlah Kakanwil baru harus bisa mengatur manajemennya sampai ke bawah di wilayahnya masing-masing.

“Jadi ini merupakan tantangan buat para Kakanwil harus bisa manajemennya mengatur sampai ke daerah-daerah, itu yang kami harapkan,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 84 = 85