Menipu Hingga Rp1 Miliar Lebih, Seorang Warga Duo Koto Dilaporkan ke Polisi

AKBP Hasanuddin SAg. 

PASAMAN – Mengaku dekat dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pasaman, N (35), warga Jorong Simpang Tonang, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman berhasil menipu tiga orang hingga miliaran rupiah. Tak terima dengan itu, tiga korban melaporkan N ke Polres Pasaman, Minggu (25/2) kemarin.

Kapolres Pasaman, AKBP, Hasanuddin membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat ini kasus penipuan itu telah ditangani pihak Satreskrim Polres Pasaman. “Ya benar, korban telah melapor ke Polres Pasaman. Saat ini kasusnya telah ditangani personil Satreskrim Polres Pasaman,” kata Kapolres di Mapolres setempat, Senin (26/2).

Informasi yang berhasil dirangkum, ada tiga orang korban yang berhasil ditipu pelaku. Korban pertama, Z (52), warga Jorong Tonang Raya, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto. Korban kedua, YS (47), warga Jorong Tanjung Mas, Nagari Simpang Tonang Utara. Dan korban ketiga Y (43), warga Jorong Perdamaian, Nagari Simpang Tonang Utara.

Untuk korban Z, ia merasa dirugikan sebesar Rp550 juta. Sementara itu, korban YS merasa dirugikan sebesar Rp520 juta dan korban Y merasa dirugikan sebesar Rp20 juta.

Modus yang dilakukan pelaku dengan cara membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah dana dalam pembangunan proyek di Kabupaten Pasaman.

Pelaku membujuk pelaku dengan alasan bahwa dirinya dekat dengan pihak Dinas PUTR Pasaman. Dengan alasan itu, ia mengajak korban menyetorkan sejumlah dana kepada dirinya dan menjanjikan kepada korban bahwa keuntungan proyek pembangunan bakal dibagi untuk korban.

Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, jangankan keuntungan yang didapat para korban, modal ratusan juta yang telah disetorkan kepada pelaku sebelumnya juga tidak dikembalikan oleh pelaku.

“Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan Satreskrim Polres Pasaman,” kata Kasat Reskrim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 − 66 =