Mendagri Yakin Pilkada Serentak Hari Ini Berjalan Lancar

Rabu,  15 Februari 2017  −  05:57 WIB

Mendagri Yakin Pilkada Serentak Hari Ini Berjalan Lancar
Pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) akan digelar secara serentak di 101 daerah pada hari ini. Mendagri Tjahjo Kumolo mengingatkan pemerintah daerah untuk ikut menjaga agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan pemerintah daerah untuk siaga ikut menjaga agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) berlangsung lancar.

Pada Rabu (15/2/2017) hari ini, pilkada akan digelar secara serentak di 101 daerah. Mendagri menegaskan senantiasa siap membantu penyelenggaraan pilkada.

“Arahan Bapak Jokowi bahwa Kemendagri (agar pemerintah) pusat dan daerah membantu dan mem-backup penuh penyelenggaraan maupun fasilitas agar KPU dan Bawaslu ini bisa maksimal,” ujar Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa 14 Februari 2017.

Mendagri mengungkapkan, Presiden berharap pelaksanaan pilkada serentak pada hari ini berlangsung demokratis dan lancar, sesuai tahapan-tahapan yang disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kalau aman, saya jamin aman. Penyelenggaraan lancar, pasti karena KPU dan Bawaslu sudah berpengalaman. Harus tidak ada politik uang dan PNS dan TNI/Polri netral hingga penghitungan suara selesai,” tuturnya.

Tjahjo juga berharap partipipasi pemilih pada pilkada tahun ini juga meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya. Dia mengimbau masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih.

Tjahjo tidak ingin partipasi pemilih hanya sebesar 22%, seperti yang terjadi di suatu daerah pada pilkada tahun 2015. “Seharusnya lebih baik dari 2015. Kami berharap di 2017 di atas 75%. Kalau sudah di atas 75% kan bagus, ini akan ditata terus,” ungkapnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =