Membaik, Novel Baswedan Kembali ke Tanah Air Hari Ini

  • image_title
    Novel Baswedan di KPK

 

VIVA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan akhirnya diperbolehkan kembali ke Tanah Air pasca menjalani perawatan medis lanjutan di Singapura.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan, rencananya Novel Baswedan akan diberangkatkan dari Singapura, hari ini, Kamis, 5 April 2018 ke Indonesia.

“Hari ini (5 April) direncanakan Novel akan pulang ke Indonesia. Insya Allah kembali siang dan langsung ke rumah,” kata Febri Diansyah melalui pesan singkatnya.

Febri menerangkan bahwa kondisi Novel saat ini sudah membaik, terutama mata kirinya, dan memungkinkan yang bersangkutan bisa langsung kembali ke Jakarta.

Meski demikian, kondisi tersebut belum dapat dikatakan normal, lantaran mata Novel masih perlu perawatan lebih lanjut untuk sembuh total.

“Menurut dokter kemarin (Rabu, 4 April 2018), Novel sudah (diperbolehkan) pulang dan dilakukan rawat jalan. Tapi obat tetes mata masih harus terus digunakan,” kata Febri.

Sebelumnya kondisi kesehatan mata kiri Novel Baswedan dikabarkan berangsur membaik. Sejauh ini, Novel sudah bisa melihat, bahkan kembali mengenali huruf dalam jarak dekat.

“Jadi Sudah bisa melihat huruf-huruf dalam jarak sekitar dua jengkal ya dari mata ke kertas yang ia pegang,” kata Febri kepada wartawan Rabu, 4 April 2018.

Menurut Febri, huruf yang dapat dilihat Novel tak hanya berukuran besar melainkan huruf berukuran kecil. Huruf-huruf itu bisa dilihat Novel tanpa alat bantu.

“Novel menggunakan kacamata untuk tes vision, tes itu menjadi mata kanannya ditutup sedangkan mata kiri bisa melihat di kacamata itu, kacamata tanpa lensa ya untuk tes itu dan Novel sudah bisa mengenali huruf,” kata Febri.

Diketahui, Kedua mata Novel Baswedan sempat luka parah akibat disiram air keras oleh orang tidak dikenal pada 11 April 2017 lalu. 10 bulan pertama, ia dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura.

Hasilnya hanya mata kanan Novel yang sembuh, meskipun Novel Baswedan akhirnya balik ke Tanah Air. Kemudian Kasatgas perkara kasus e-KTP itu kembali lagi ke Singapura untuk proses operasi mata bagian kiri. Hasilnya positif, bahwa Novel hari ini diperbolehkan pulang ke Indonesia.

Di sisi lain, Polri belum berhasil menemukan siapa pelaku dan otak penyerangan terhadap Novel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =