Mega Umumkan Cagub/Cawagub PDIP Sejumlah Provinsi Hari Ini

Mega Umumkan Cagub/Cawagub PDIP Sejumlah Provinsi Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan mengumkan calon gubernur/wakil gubernur untuk pemilihan kepala daerah di beberapa provinsi.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri akan langsung memberikan pengumuman ini di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PDIP di Jakarta, Kamis (4/1).

Dalam akun Twitter PDIP, @PDI_Perjuangan disebutkan dua daerah yang cagub/cawagubnya akan diumumkan yakni Lampung dan Papua. Sementara untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah belum ada kepastian.

Di Lampung, ada dua nama yang mengemuka untuk mengantongi tiket dukungan dari PDIP yakni petahana Muhammad Ridho Ficardo dan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN.

Di Lampung, PDIP punya 17 kursi atau berhak mengusung pasangan calon sendiri meski tanpa berkoalisi.

Sementara di Papua nama belum ada nama yang muncul untuk mendapat dukungan PDIP. Saat ini, selain PDIP dan Gerindra, sepuluh partai sudah menyatakan dukungannya pada gubernur petahana Lukas Enembe yang akan berpasangan dengan Klemen Tinal.

Untuk di Jawa Tengah, PDIP sudah punya calon kuat yakni petahana Ganjar Pranowo. Di Jateng juga PDIP berhak mengung calon sendiri karena menguasai mayoritas kursi DPRD yakni 31 dari 100 kursi.

Sementara di Jabar, PDIP justru belum punya calon kuat meski punya kursi terbanyak di DPRD yakni 20 kursi. PDIP sempa dikabarkan dekat dengan Golkar yang mengusung Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur. Namun belakangan Golkar makin mesra dengan Demokrat yang menjagokan Deddy Mizwar.

Saat ini, PDIP malah membuka kemungkinan mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Namun belum diketahui akan dipasangkan dengan siapa.

Ridwan Kamil juga terihat mengunjungi Kantor Pusat PDIP di Jakarta kemarin. Menurutnya, kunjungan tersebut adalah silaturahmi tahap satu. Sebelumnya Ridwan sudah diusung oleh NasDem, PPP, PKB dan Hanura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 + = 30