Masyarakat Kotanopan nikmati akses internet

Lubuksikaping, (Antaranews Sumbar) – Masyarakat di Nagari Kotanopan, Kecamatan Rao Utara, akhirnya menikmati akses jaringan internet secara gratis dari Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Hadirnya layanan internet gratis di nagari terpencil dan terisolir seperti di Nagari Kotanopan, sangat diapresiasi oleh masyarakat setempat.

Harapan itu baru dapat terwujud setelah tiga tahun kepemimpinan Yusuf Lubis-Atos Pratama sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, pada 17 Februari 2019.

Walinagari Kotanopan, M Daud Nasution mengapresiasi hadirnya layanan internet di wilayahnya. Saat ini jaringan internet di nagari blank spot itu sudah setara dengan kecamatan lainnya. Masyarakat, kata dia, sudah bisa mengakses informasi secara cepat.

Tidak hanya itu, fasilitas internet gratis ini, juga telah menunjang aktivitas pendidikan dan pemerintahan di nagari itu. Walaupun belum merata, namun apa yang dilakukan pemerintah melalui Dinas Komunikasi Informatika itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selama ini, wilayah tersebut tidak terjamah oleh jaringan telekomunikasi (blank spot). Sehingga masyarakat setempat kesulitan untuk berkomunikasi dengan para kerabatnya di luar daerah.

Di Nagari Kotanopan, Rao Utara, kata Daud, internet gratis ini dapat diakses ditiga titik, yakni di SMPN 2 Kotanopan, SDN 10 Kotanopan dan Kantor Walinagari Kotanopan.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Pengembangan e-Goverment, Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman, Nurhaqqi mengatakan, layanan akses internet gratis itu diprioritaskan untuk wilayah yang belum terjangkau oleh saluran telekomunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 47 = 54