Man City Tersingkir, Guardiola Protes Keputusan Wasit

Man City Tersingkir, Guardiola Protes Keputusan Wasit

Manajer Manchester City Pep Guardiola berang usai timnya dikalahkan Liverpool di leg kedua perempat final Liga Champions. (Reuters/Lee Smith)

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Manajer Manchester City Pep Guardiola berang usai timnya dikalahkan Liverpool 1-2 pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa (10/4) malam waktu setempat.

Guardiola memprotes keras gol Leroy Sane ke gawang Barcelona yang dianulir wasit asal Spanyol Antonio Mateu pada menit ke-42.

Sane dianggap Mateu dalam posisi offside sebelum membobol gawang Liverpool. Dalam tayangan ulang terlihat gol Sane seharusnya sah, karena pemain asal Jerman itu mencetak gol setelah meneruskan bola dari kaki gelandang Liverpool James Milner.

Sejumlah pemain Man City sempat melayangkan protes, termasuk Guardiola yang akhirnya diusir dari bench. Manajer asal Spanyol itu pun mengaku kecewa dengan keputusan kontroversial dari wasit Mateu.

Gol Leroy Sane ke gawang Liverpool pada menit ke-42 dianulir wasit.
Gol Leroy Sane ke gawang Liverpool pada menit ke-42 dianulir wasit. (REUTERS/Andrew Yates)

Guardiola menganggap andai gol Sane tidak dianulir, maka Man City bisa memasuki babak kedua penuh percaya diri dengan keunggulan 2-0 setelah Gabriel Jesus mencetak gol cepat pada menit kedua.

“Saya mengatakan kepada wasit bahwa gol tersebut sah ketika bola mengarah pada Sane. Itu mengapa dia (wasit) mengusir saya,” kata Guardiola seusai laga kepada BT Sport.

Gabriel Jesus mencetak gol cepat ke gawang Liverpool pada menit kedua.
Gabriel Jesus mencetak gol cepat ke gawang Liverpool pada menit kedua. (REUTERS/Andrew Yates)

“Situasi akan berbeda jika gol Sane dianggap sah dan kedudukan menjadi 2-0. Di kompetisi ini kekuatan tim sangat berimbang dan pengaruh wasit dalam mengambil keputusan sangat penting,” sambung Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu menilai keputusan wasit sangat mempengaruhi hasil akhir di kompetisi Liga Champions. Namun, ia tetap menghargai fakta bahwa Liverpool berhak mewakili Inggris di semifinal.

“Kami akan kembali lagi musim depan. Selamat yang sebesar-besarnya pada Liverpool. Semoga mereka bisa mewakili Inggris dengan baik di semifinal,” ujar Guardiola.

Man City harus menyerah 1-2 di akhir laga dan kalah agregat 1-5 dari Liverpool. Ini menjadi pukulan telak bagi Manchester Biru yang juga baru saja kalah 2-3 dari Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Etihad, akhir pekan lalu. (har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

86 − = 77