Longsor Putus Akses Jalan Padang Pariaman-Agam

Longsor Putus Akses Jalan Padang Pariaman-Agam

Pembersihan material longsor di banda jalan Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman (5/8).

 

PADANG PARIAMAN – Hujan lebat yang melanda Padang Pariaman sejak Sabtu malam (4/8) mengakibatkan longsor di Jalan Provinsi di Korong Lamo Panjang, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Kabid. Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Pariaman Yendri mengatakan Longsor yang memutus akses jalan Kec. Sungai Limau menuju Agam terjadi sekitar pukul 03:30 Minggu pagi (5/8).

Yendri menuturkan usai mendapatkan informasi dari masyarakat, pada pukul 09:00 WIB tim TRC BPBD turun kelolasi bersama Sekda Jonpriadi usai meninjau Pasar Sungai Limau yang sempat juga terkena banjir akibat saluran drainase yang tidak berfungsi lagi.

Meskipun tak memakan korban jiwa namun timbunan material longsor di badan jalan mengakibatkan akses menuju Kec. Sungai Geringging dan Agam terputus hingga pukul 13.00 siang.

“Kalau kerugian materil yang berarti tidak ada namun yang terkena dampak longsor hanyalah 3 tiang listrik milik PLN tumbang akibat terbawa longsoran, kemudian satu petak sawah warga tertimbun tanah,” ujar Yendri menerangkan.

Ia menyebutkan, akses jalan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua pukul 13:30 siang, setelah warga dan anggota BPBD membantu membersihkan dampak longsoran di badan jalan.

Sementara alat berat yang didatangkan dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi berupa satu unit bachoe loader datang ke lokasi sekitar pukul 14:30 WIB.

“Mudah-mudahan menjelang shalat ashar akses jalan sudah kembali bisa dibuka untuk umum,” tutup Yendri di lokasi. (War)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

91 − 87 =