Longsor di Sitinjau Lauik, Akses Padang – Solok Terganggu

Padangkita.com – Intensitas hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir menyebabkan ruas jalan lintas yang menghubungkan Kota Padang dengan Solok atau tepatnya di Sitinjau Lauik mengalami longsor.

“Tepatnya di kelok S kawasan panorama Sitinjau Lauik. Material longsor berupa tanah dan batu-batu besar menutupi separo badan jalan,” kata Joni Amir, Komandan Regu A BPBD Kota Padang, Selasa (26/12/2017).

Ia mengatakan akibat longsor di kelok S tersebut, arus lalu lintas dari Padang menuju Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Jambi dan daerah sekitarnya maupun sebaliknya terganggu.

Longsor yang menutupi setengah badan jalan dengan materian tanah dan batu-batu besar itu terjadi sejak Selasa dinihari tepatnya di Kelok S Sitinjau Lauik Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Petugas BPBD Padang dibantu satu unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan jalan lintas utama yang menjadi penghubung Kota Padang dengan daerah lainnya itu. Agar lalu lintas tidak macet total, petugas memberlakukan sistem buka satu lajur.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memberikan peringatan kepada masyarakat untuk lebih waspada, mengingat curah hujan tinggi yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor.

Cuaca ekstrem dengan intensitas hujan tinggi di hampir seluruh wilayh Provinsi Sumatra Barat ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga Januari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

68 − = 58