Liverpool Susul Real Madrid ke Final Liga Champions 2017/2018

Liverpool Susul Real Madrid ke Final Liga Champions 2017/2018

Liverpool melangkah ke final Liga Champions 2017/2018 setelah mengakhiri laga di markas AS Roma dengan skor 2-4 (agregat 7-6). Foto: REUTERS/Tony Gentile

 

 

ROMA – Liverpool melangkah ke final Liga Champions 2017/2018 setelah mengakhiri laga di markas AS Roma dengan skor 2-4 (agregat 7-6). Di partai final, The Reds akan menghadapi Real Madrid.

Melawat ke markas AS Roma di Stadion Olimpico, Kamis (3/5/2018) dini hari WIB, Liverpool mengantongi modal positif melalui kemenangan 5-2 di leg pertama. Namun, Roma tidak begitu saja menyerah.

Tuan rumah membuat tiga perubahan di starting lineup mereka. Roma memasang Kostas Manolas, Patrik Schick dan Lorenzo Pellegrini sejak awal laga.

Namun, Roma justru kebobolan lebih dulu. Rapuhnya lini bertahan Serigala Roma mampu dimanfaatkan menjadi gol oleh Sadio Mane di menit ke-9.

AS Roma menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol bunuh diri James Milner di menit ke-15. Proses gol tersebut diawali Dejan Lovren yang bermaksud menghalau bola namun membentur Milner. Bola liar bersarang di gawang Liverpool.

Pada menit ke-25, Liverpool kembali unggul. Salah antisipasi bola udara membuat Georginio Wijnaldum dengan mudah menanduk bola, masuk ke gawang Roma. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kedua tim bermain lebih agresif. Roma bahkan sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Edin Dzeko di menit ke-52. Gol tersebut lahir memanfaatkan umpan Stephan El Shaarawy.

Intensitas serangan kedua tim semakin tinggi, namun Liverpool selalu kandas serangannya. Pada menit ke-86, Roma mencetak gol ketiga di pertandingan tersebut melalui Radja Nainggolan. Pemain berdarah Indonesia melepaskan tendangan first time dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi Lloris Karius. Skor berubah 3-2 untuk keunggulan Roma.

Menjelang laga berakhir, AS Roma mendapat hadiah penalti karena Ragnar Klavan menyentuh bola dengan tangannya. Nainggolan yang dipercaya sebagai algojo sukses menyarangkan bola. Skor berubah 4-2 untuk AS Roma.

Gol tersebut sayangnya tidak mampu menyelamatkan AS Roma. Karena, saat peluit panjang wasit berbunyi, Roma cuma mampu unggul 4-2. Liverpool berhak melaju ke final Liga Champions melalui agregat 7-6 setelah mengantongi kemenangan 5-2 di leg pertama babak semifinal di Stadion Anfield.

Pertandingan final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool akan berlangsung di Kiev, 27 Mei 2018 mendatang. Bagi Liverpool, ini merupakan final kedelapan mereka sekaligus peluang meraih trofi Si Kuping Besar keenam.

Susunan Pemain Kedua Tim 

Roma XI: Alisson, Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov, Pellegrini, De Rossi, Nainggolan, Schick, Dzeko, El Shaarawy.

Liverpool XI: Karius, Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Milner, Wijnaldum, Salah, Mane, Firmino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 − 83 =