Lion Air Tutup Sementara Empat Rute Solo

Lion Air

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Maskapai penerbangan Lion Air untuk sementara waktu menutup rute dari Solo menuju ke empat daerah, yaitu Lombok, Banjarmasin, Tasikmalaya, dan Lampung. Manajer Area Lion Air Jateng-DIY Widi Wiyanti di Solo, Jumat (4/5), mengatakan Penutupan sementara empat rute ini karena masalah teknis.

Menurut dia, empat rute penerbangan tersebut selama ini dilayani oleh maskapai anak usahanya, Wings Air. Ia mengatakan terdapat masalah teknis untuk pesawat Wings Air yang merupakan anak perusahaan Lion Air yang ada di Semarang.

“Dampaknya adalah untuk rute-rute yang masih satu rotasi dengan pesawat yang ada di Semarang itu untuk sementara kami nonoperasionalkan. Jadi tidak semua rute yang kami tutup, tetapi hanya empat rute,” katanya.

Menurut dia, dari empat rute tersebut, Tasikmalaya adalah rute paling baru karena dibuka pada tanggal 28 Maret 2018. Ia mengatakan untuk penutupan rute tersebut dilakukan per 25 April 2018 hingga waktu yang belum ditentukan.

Dengan penutupan empat rute tersebut saat ini Lion Air dan Wings Air tinggal memiliki 12 jadwal penerbangan per hari dari Solo, yaitu enam penerbangan ke Jakarta, dan masing-masing satu penerbangan ke Denpasar, Makassar, Balikpapan, Palangkaraya, Palembang, dan Batam.

Sementara itu, Airport Operation and Services Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Purwanto mengatakan terkait hal itu, pihak bandara telah melakukan pendekatan dan konfirmasi ulang kepada manajemen Lion Air agar seluruh rute yang selama ini dilayani Wings Air khususnya rute Solo tetap beroperasi.

“Meski demikian hingga saat ini kami belum dapat kepastian kapan rute-rute ini mau dibuka lagi,” ujarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 16 = 26