Langkah Bulog Sumbar jaga stabilitas harga

Kepala Bulog Divre Sumbar, Suharto Djabar. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi/)

 

 

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Perum Bulog Sumatera Barat menyalurkan 500 ton beras medium pada sejumlah pasar pada tiga kota di provinsi itu masing-masing Padang, Bukittinggi dan Solok untuk menjaga ketahanan pangan dan stabilitas harga.

“Kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) ini merupakan program nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Kepala Bulog Divre Sumbar Suharto Djabar di Padang, Selasa.

Menurutnya pelaksanaan kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak dengan menggunakan jaringan distribusi antara lain Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita, Mitra BULOG, BUMN Pangan dan Kanvasing oleh Satgas BULOG pada 59 titik jaringan distribusi.

Peluncuran program itu juga melibatkan satgas pangan untuk melakukan pengawasan terhadap pihak-pihak yang menjalankan operasi pasar, termasuk monitoring, pengendalian dan pengamanan.

KPSH itu terdiri dari beberapa langkah yaitu Operasi Pasar Pemerintah (OP-CBP), percepatan Penyaluran Bansos Rastra dan penjualan komoditi komersial Bulog diantaranya Beras Kita Premium, Gula Manis Kita, Tepung Terigu Kita, Minyak Goreng Kita, dan Daging Kita.

“Kami terus pantau perkembangan harga pangan pokok khususnya beras supaya intervensi pasar dapat segera kami lakukan dengan menggelontorkan stok beras CBP dan komoditi komersial yang kami miliki,” katanya.

Bulog Sumbar telah menggelontorkan beras CBP dari Januari – Agustus 2018 sebanyak 4.150 ton dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 57 Tahun 2017 yaitu maksimal Rp. 9.950.

Saat ini stok beras Bulog Sumbar sekedar 24.000 ton, cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran 10 (sepuluh) bulan ke depan.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri mengatakan sebagian pedagang di provinsi itu masih menjual harga beras medium di atas HET.

Operasi pasar melalui KPSH menurutnya cukup efektif untuk menekan harga di tingkat pedagang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 − = 75