KPU Sumbar terima pendaftaran caleg 16 partai politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyatakan telah menerima secara resmi pendaftaran calon anggota legislatif dari 16 partai politik yang akan berlaga dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen  mengatakan Terakhir ada tiga partai yang mendaftar yakni Partai Garuda, Partai Berkarya dan PKPI yang dinyatakan telah memenuhi syarat pencalonan anggota legislatif. Menurutnya untuk Partai Garuda ada beberapa hal yang belum memenuhi syarat seperti ada calon yang tidak memenuhi syarat, ada daerah pemilihan yang tidak terpenuhi kuota keterwakilan perempuan sehingga dicoret. Namun Partai Garuda tetap dapat melanjutkan perbaikan karena mereka telah memenuhi syarat pencalonan. Untuk masa perbaikan nanti akan dilakukan pada tanggal 22 Juli hingga 31 Juli 2018.

Ia mengatakan sebelum pendaftran caleg ditutup beberapa partai datang hampir bersamaan mendaftar ke KPU Sumbar. Partai tersebut yaitu PAN, PKB, PSI, Partai Gerindra, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sementara pada Selasa pagi ada beberapa partai yang mendaftar yakni Partai Demokrat, Partai Hanura, PDI Perjuangan, PBB, PPP dan Partai Golkar. Sedangkan yang mendaftar pada Senin (16/7) adalah Perindo dan Partai NasDem.Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai yang pertama mendaftarkan caleg mereka ke KPU Sumbar pada Minggu (15/7).

Ketua DPP PKPI Sumbar Suparman mengatakan ia sengaja datang menjelang waktu penutupan karena nomor urut partai menjadi partai terakhir dengan nomor urut 20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 − = 49