KPU Sumbar akui aplikasi pendaftaran caleg daring sering bermasalah

Komisioner KPU Sumatera Barat Izwaryani (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Izwaryani mengakui aplikasi pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) secara daring melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) milik KPU bermasalah.

“Aplikasi tersebut sulit diunggah sejak Minggu (15/7) dan kemungkinan hal ini terjadi hingga akhir waktu pendaftaran nanti pada Selasa (17/7),” kata dia di Padang, Senin.

Menurut dia hal ini terjadi tidak hanya di Sumatera Barat namun di seluruh Indonesia karena seluruh bakal calon kemungkinan secara bersamaan mengunggah berkas-berkas mereka.

“Untuk masuk ke aplikasi tersebut cukup lancar namun kendalanya adalah ketika mengunggah berkas-berkas yang diminta oleh KPU,” katanya.

Hal ini tentu menjadi persoalan karena waktu pendaftaran bakal calon anggota legislatif tinggal satu hari. Ia mengatakan bagi partai yang kesulitan mendaftar secara daring sebaiknya mendaftar secara manual kepada KPU setempat.

“Seluruh berkas yang ada di aplikasi itu harus terisi, kemudian di pindai lalu di cetak seluruhnya. Berkas itu yang dibawa ke KPU untuk mendaftar secara manual,” kata dia.

Selanjutnya partai diminta melanjutkan pendaftaran secara daring dengan mengisi data yang sama dengan yang diserahkan kepada KPU.

“Apabila masih sulit mengakses maka partai diperbolehkan mengunggah berkas setelah jadwal pendaftaran ditutup,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat Irsyad Syafar mengatakan pihaknya kesulitan dalam mengunggah berkas ke aplikasi Silon KPU sehingga pendaftraan partainya terundur satu hari.

“Sebenarnya kami akan mendaftar pada Sabtu (14/7) ke KPU Sumbar namun karena kendala Silon yang sulit diakses hingga Sabtu malam dan akhirnya pihaknya mendaftar ke KPU pada Minggu (15/7),” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 − = 34