Kolombia Jadi Negara ke-137 PBB yang Akui Palestina Merdeka

Kolombia Jadi Negara ke-137 PBB yang Akui Palestina Merdeka
Mantan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos. (REUTERS/Joshua Roberts)

Jakarta, CNN Indonesia — Kolombia menjadi negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke-137 yang mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Keputusan itu diambil Presiden Juan Manuel Santos sebelum menyerahkan kekuasaan kepada presiden terpilih yang baru Kolombia, Ivan Duque.

Pengumuman tersebut disampaikan kepada publik Rabu (8/8), dengan rilis sebuah surat kepada Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Malki. Surat tertanggal 3 Agustus dan ditandatangani Menteri Luar Negeri Kolombia saat itu, Maria Angela Holguin Cuellar.

“Saya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa atas nama pemerintah Kolombia, Presiden Juan Manuel Santos telah memutuskan untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara bebas, merdeka dan berdaulat atas nama Kolombia,” tulis surat tersebut seperti dilansir CNN.


Pemerintahan baru Duque, yang mengambil alih kekuasaan pada Selasa (7/8) menyatakan akan mengkaji keputusan tersebut.

“Kami akan menganalisa implikasi dan konten surat dengan segenap perhatian dan pemerintah akan mengambil langkah-langkah sesuai dengan hukum internasional,” kata Menteri Luar Negeri Carlos Holmes Trujilo kepada wartawan di Bogota, Rabu (8/8).

Kedutaan Besar Israel di Kolombia menyebut keputusan itu sebagai ‘tamparan di wajah’ dalam sebuah pernyataan yang dirilis lewat laman Facebooknya.

“Kedutaan Besar Israel terkejut dan kecewa atas keputusan pemerintahan sebelumnya untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara,” kata pernyataan Kedubes Israel tersebut. “Ini adalah tamparan di wajah dari sekutu setia yang berlawanan dengan kedekatan hubungan kedua negara dan pemimpin mereka.”

Pemerintah Kolombia yang telah berakhir masa jabatannya, dalam surat tersebut, menyatakan keyakinan mereka bahwa hal tersebut akan membawa perdamaian di kawasan menjadi berlipat ganda.

“Kami meyakini bahwa negosiasi langsung adalah cara terbaik untuk mencapai solusi abadi yang adil atas konflik ini, yang memungkinkan kedua pihak dan rakyatnya hidup bersama dengan damai. Sama seperti rakyat Palestina punya hak untuk membangun sebuah negara merdeka, rakyat Israel juga memiliki hak untuk hidup damai di samping tetangga mereka.”

Kolombia Jadi Negara ke-137 PBB yang Akui Palestina MerdekaFoto: REUTERS/Ammar Awad

Perwakilan diplomatik Palestina di Kolombia lewat akun Facebooknya menyatakan “Rakyat dan pemerintah Palestina sangat bersyukur dengan langkah tersebut.”

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Kolombia atas keputusan ini. Kami tentu saja akan berkontribusi signifikan untuk menciptakan kondisi yang diperlukan bagi perdamaian di Timur Tengah,” kata pernyataan tersebut.

Majelis Umum PBB, Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) dan 136 negara mengakui Palestina sebagai negara berdaulat.

Selama kampanye pemilihan presiden, Duque, yang terpilih pada Juni lalu menolak untuk mengesampingkan kemungkinan pemindahan Kedutaan Kolombia ke Yerusalem. Dia bersikeras untuk mempertahankan kemungkinan hubungan terbaik dengan Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan untuk menghadiri pelantikan Duque, tapi membatalkan agenda tersebut karena ketegangan yang terus berlangsung di Jalur Gaza. (nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − = 58