KM Harapan Bersama ditemukan, seluruh ABK selamat

Mentawai, (Antaranews Sumbar) -Kapal Motor (KM) Harapan Bersama yang dilaporkan hilang kontak di perairan laut Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) sejak Selasa(7/5) berhasil ditemukan, seluruh Anak Buah Kapal (ABK) dalam kondisi selamat.

“Kami bersyukur, KM Harapan Bersama berhasil ditemukan pada hari ketiga pencarian ini, tujuh ABK dalam kondisi sehat,” kata Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Akmal di Tuapejat, Kamis.

Ia menjelaskan, KM Harapan Bersama ditemukan 37 Nautical Mile (NM) dari pelabuhan Muara Padang tepatnya di belakang Pulau Pandan, Kota Padang. Kapal tersebut ditemukan oleh KM Mentawai Indah yang juga merupakan kapal dari pemilik KM Harapan Bersama.

“Jadi dalam pencarian hari ini pemilik kapal Harapan Bersama juga menurunkan dua kapal lain untuk ikut dalam tim gabungan, KM Eva dan KM Mentawai Indah,” katanya.

Saat ini KM Harapan Bersama yang membawa kopra dan rotan manau tersebut sudah diderek oleh KM Eva menuju Pelabuhan Muara Padang, dan diperkirakan sampai pada pukul 18.00 WIB.

Akmal mengungkapkan, dari laporan ABK, kapal tersebut mengalami mati mesin dan tidak bisa diperbaiki.

Ia juga menambahkan, dalam pencarian tersebut pihak SAR juga menurunkan kapal Yudistira dari SAR Padang dan KN Ramawijaya dari SAR Mentawai, serta diperkuat oleh personel gabungan dari TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai, Polairud dan PMI.

“Kami memberikan apresiasi tinggi terhadap semua pihak yang terlibat dan membantu dalam pencarian ini,” katanya.

Ia juga mengimbau pemilik kapal dan nelayan Mentawai untuk tidak memaksakan pelayaran jika cuaca buruk. Selain itu juga memastikan kondisi mesin kapal dalam keadaan baik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − = 84