Kalahkan Levante, Barcelona Makin Mantap di Puncak Klasemen

Kalahkan Levante, Barcelona Makin Mantap di Puncak Klasemen

BARCELONA – Posisi Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol makin mantap. Tambahan tiga angka saat mengalahkan Levante di pertandingan ke-18 mambuat Blaugrana menambah jarak dengan Atletico Madrid.

Meski mendominasi jalannya pertandingan di Camp Nou, Minggu (7/1/2018), anak asuh Ernesto Valverde harus bersusah payah membongkar pertahanan tim tamu. Menurunkan skuat terbaik, El Barca langsung menekan di awal pertandingan. Duet Lionel Messi dan Luis Suarez langsung memberikan ancaman.

Namun kuatnya benteng pertahanan yang dibangunan Levante membuat Barcelona harus menunda gol. Baru di menit 12, Messi menunjukkan kelasnya. Tendangan voli yang sempat mengenai tanah tanpa ampun merobek gawang Levante yang dikawal Oier Olazabal.

Gol tersebut bermula dari aksi Messi yang mencoba menusuk dari tengah lapangan. Pemain nasional Argentina itu tak mencoba untuk masuk ke kotak 12 pas melainkan mengumpan ke sisi kiri yang diterima Jordi Alba. Tanpa buang kesempatan Alba kembali melayani Messi dengan tandukkan kepala yang disambung La Pulga dengan tendangan voli.

Setelah gol itu, permainan semakin terbuka. Levante sendiri mencoba berani menyerang lewat serangan balik. Di menit 16, Jefferson Lerma nyaris menyamakan kedudukan kalau saja tendangannya tak meleset.

Kuat dan solidnya benteng yang dibangun pemain bertahan tuan rumah membuat serangan Levante terbuang percuma. Sebaliknya, Barcelona beberapa kali mendapatkan peluang untuk menggandakan skor. Sayang beribu sayang, semua kesempatan yang diperoleh belum berujung gol.

Namun hal tersebut tak membuat pemain Barcelona patah semangat. Di menit 38, serangan mengejutkan berhasil membuahkan gol setelah Suarez meneruskan umpan Sergio Roberto dengan tendangan voli. Dua gol ini tidak bertambah sampai wasit membunyikan peluit tanda jeda.

Di babak kedua, Barcelona mencoba untuk kembali menambah gol. Sial bagi mereka, pertahanan Levante ternyata tak mudah ditembus. Jelang pertandingan usai, Barcelona menutup pertandingan dengan gol Paulinho lewat assists Messi.

Dengan kemenangan ini Barcelona mengoleksi 48 angka atau selisih sembilan angka dengan Atletico. Sedangkan dengan Real Madrid, tim Catalan itu membuat jarak 11 poin. Namun bisa saja Madrid kembali menipiskan ketinggalan jika mampu menalahkan Celta Vigo dalam pertandingan setelah ini.

Susunan pemain Barcelona vs Levante
Barcelona (4-3-3)
Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto (Jose Arnaiz), Javier Mascherano, Thomas Vermaelen, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Paulinho, Andres Iniesta, Ousmane Dembele (Nelson Semedo), Lionel Messi, Luis Suarez
Cadangan : Nelson Semedo, Gerard Pique, Denis Suarez, Jasper Cillessen, Lucas Digne, Andre Gomes, Jose Arnaiz,
Pelatih : Ernesto Valverde

Levante (4-2-3-1)
Oier Olazabal, Antonio Luna, Sergio Postigo, Shaq Moore, Erick Cabaco, Jefferson Lerma (Rober Suarez), Cheick Doukoure, Jason, Sasa Lukic, Ivi Lopez, Emmanuel Boateng (Nano)
Cadangan : Raul Fernandez, Tono, Rober Suarez, Samuel Garcia, Coke, Nano, El Hacen El Id
Pelatih : Juan Muniz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 + = 63