Berhasil tuntaskan buta huruf, empat daerah ini dapat anugerah aksara dari Kemdikbud

Jakarta, (Antaranews Sumbar) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan kepada empat kabupaten/kota yang berhasil dalam penuntasan buta huruf pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional Ke-53 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sebanyak empat daerah tersebut, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Kota Tegal, Jawa Tengah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  mengatakan dalam sepuluh tahun terakhir ini, Indonesia patut bersyukur karena berhasil meningkatkan keaksaraan masyarakat secara signifikan. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia telah membuktikan keberhasilannya dengan mencapai prestasi melebihi target Pendidikan Untuk Semua (PUS) yang dideklarasikan di Dakar
Oleh sebab itu, pihaknya memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berhasil menurunkan angka buta huruf secara signifikan di daerahnya.

Dalam pengembangan masyarakat, Mendikbud Muhadjir mengatakan pemerintah memberikan layanan program pendidikan keaksaraan dasar dan keaksaraan lanjutan di daerah terpadat buta aksara, daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), dan komunitas adat terpencil/khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 6