Jelang Arus Mudik Lebaran, 25 Persen Bus Tak Laik Jalan

Jelang Arus Mudik Lebaran, 25 Persen Bus Tak Laik Jalan

Dimas Setiawan :

Kementerian Perhubungan mencatat 25 persen bus tidak laik jalan menjelang arus mudik lebaran 2017. Bus-bus tersebut tidak akan dipasangi stiker tanda laik jalan sebagai penunjuk belum lolos pengecekan atau ramp check. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto memastikan, bus yang belum lolos ramp check tersebut tidak akan diizinkan untuk beroperasi. ramp check meliputi pemeriksaan rem, speedometer, kaca bus, hingga kondisi ban yang digunakan. Dari hasil pengecekan selama ini, kata dia, kebanyakan operator bus bermasalah dengan kondisi rem tangan.

Ramp check, akan terus dilakukan secara acak pada bus-bus angkutan mudik hingga H-10 lebaran. Jika operator bus belum melakukan ramp check, maka pemeriksaan dapat dilakukan melalui buku kir.

Keberadaan bus yang tidak laik jalan juga ditengarai menjadi salah satu faktor turunnya pemudik yang menggunakan moda transportasi bus. Dari data Kemenhub, jumlah penumpang bus pada arus mudik tahun 2017 hanya 4,32 juta orang. Jumlah ini turun 2,11 persen dari tahun 2016 yang mencapai 4,42 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, turunnya jumlah penumpang bus terjadi karena kalah saing dengan armada lain seperti kendaraan pribadi, kereta api, maupun pesawat.

Untuk itu dihimbau bagi pada para pemudik lebih memperhatikan jika ada bus yang belum ditempel stiker. Pemudik mesti mengecek kembali agar tidak diminta turun mendadak lantaran bus yang ditumpangi belum dipasang stiker yang menyatakan lolos ramp check.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 17 = 20