Hujan es diperkirakan akan guyur Alahan Panjang

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Masyarakat sekitar Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat diminta mewaspadai potensi terjadinya hujan es, kata Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Ketaping Padang Pariaman, Budi Samidji.

“Berdasarkan radar cuaca terpantau warna merah yang artinya ada potensi fenomena khusus seperti hujan es,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiadji di Padang, Selasa.

Pihaknya memperkirakan fenomena khusus yang melanda wilayah Alahan Panjang yang terpantau sekitar pukul 17.00 WIB, hal ini biasanya terjadi paling lama sekitar tiga jam.

Fenomena khusus itu, jelasnya selain hujan es juga bisa berupa puting beliung, dan hujan lebat disertai petir, sehingga masyarakat diminta waspada dan menghindari tempat yang berpotensi terjadi bencana.

“Kami harap masyarakat meningkatkan kewaspadaanya namun tidak perlu panik jika terjadi fenomena khusus seperti hujan es,” ujar dia.

Selain itu ia menyebutkan kondisi cuaca Sumatera Barat pada april 2018 didominasi hujan terutama pada sore hingga malam hari terutama pada pertengahan hingga akhir April.

Ia menjelaskan pada Maret hingga Mei 2018 kondisi cuaca Sumbar dominan hujan, kemudian akhir Mei sampai awal Agustus kondisi atmosfer cenderung kering.

Daerah yang perlu diwaspadai berpotensi hujan, sebutnya yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman bagian barat dan utara, Agam di Maninjau , Lubuk Basung, Malalak dan sekitarnya.

Kemudian Kabupaten Pasaman Barat bagian barat, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar bagian Utara, Lima Puluh Kota bagian timur, Solok Selatan, Kabupaten Solok di Danau Kembar, Talang, Arosuko, selanjutnya Sawahlunto, Sijunjung bagian timur dan Payakumbuh.

Secara umum, katanya suhu udara 19 hingga 31 derajat celsius, kemudian kelembapan udara yakni 65-95 persen, dan angin berhembus dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

99 − = 89